Lihat ke Halaman Asli

Naomi Tehillah

Content Writer

Ketahui Perbedaan antara Granit dan Marmer

Diperbarui: 4 November 2022   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Canva.com

Ternyata, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara granit dan marmer. Bahkan, hingga saat ini masih banyak yang mengira keduanya sama. Keduanya memang bisa diaplikasikan pada dinding dan lantai, namun bahannya sebenarnya berbeda.

Granit dan marmer adalah bahan bangunan yang tergolong batu alam. Granit terbuat dari kombinasi berbagai jenis batuan seperti kuarsa, feldspar, mineral, mika, dan ambifol.

Berbeda dengan granit, marmer berasal dari batu kapur atau gamping yang sudah mengalami proses metamorfosis. Jadi, bisa Anda lihat, keduanya memiliki bahan batu yang berbeda.

Baca Juga: 7 Perbedaan Granit dan Marmer, Lengkap dengan Karakteristiknya

Perbedaan antara Granit dan Marmer

Untuk lebih memahami perbedaan antara granit dan marmer, perbedaan asalnya diberikan di bawah ini.

1. Penampilan

Perbedaan antara granit dan marmer terlihat jelas dalam penampilan. Lantai granit memiliki pola berbintik-bintik di permukaannya. Pola dibuat secara alami dengan mencampurkan berbagai batu.

Di sisi lain, lantai marmer memiliki pola bergaris halus. Pola mungkin terlihat alami karena adanya sedimen. Kedua bahan bangunan ini memiliki gaya yang berbeda untuk setiap produk, sehingga tidak ada dua yang sama.

2. Karakteristik

Granit memiliki karakteristik batu yang jauh lebih kuat. Bahan ini tidak hanya kuat, tetapi juga tahan lama. Ketika diterapkan pada bangunan, dapat digunakan untuk waktu yang lama tanpa kerusakan tertentu.

3. Dampak

Granit dan marmer juga berbeda dari segi dampaknya. Granit berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Tanah berbintik kemungkinan besar mengandung jejak radioaktif seperti uranium dan thorium.

Bahan radioaktif dapat menghasilkan radiasi gas dengan efek jangka panjang pada kesehatan. Marmer dianggap lebih aman, karena tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Perbedaan Manufaktur dan Perawatan

Ada perbedaan antara granit dan marmer, dari proses pembuatan hingga perawatannya. Sesuaikan karakteristik masing-masing bahan. Inilah perbedaan antara keduanya.

1. Cetakan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline