Lihat ke Halaman Asli

Alpha Centauri

AllahYuftahAlaikum

Media Roda Putar Merubah Suasana Kelas Menjadi Seru dan Kompetitif

Diperbarui: 4 Februari 2023   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Gambar Pribadi Penulis

Yuk para pendidik gunakan media pembelajaran untuk menghidupkan suasana kelas!

Keberhasilan  proses  belajar  mengajar  merupakan  faktor  utama  dari  keberhasilan  tujuan pendidikan  secara  umum  (Widoyoko,  2009).  Salah  satu  faktor  keberhasilan  belajar  ialah  peranan seorang guru (Kwakman, 2003). Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan minat belajar anak. Guru  menjadi  pusat  dan  awal  dari  semua  pembangunan  pendidikan.  

Guru  merupakan  ujung tombak  dalam  meningkatkan  kualitas  pendidikan,  dimana  guru  akan  melakukan  interaksi  langsung dengan peserta didik dalam pembelajaran di ruang kelas (Korthagen, 2000). Bagi pelajar Indonesia mata pelajaran IPS merupakan pelajaran yang sangat membosankan sehingga perlu adanya hal yang menarik agar ruang kelas menjadi lebih hidup salah satu caranya dengan menggunakan media ajar. Media yang akan digunakan kali ini yaitu Media Roda Putar.

Fitur yang ada pada media ini yaitu buku panduan, panah petunjuk, papan roda putar, undian maju, pertanyaan. 

Berikut Skenario Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar:
1.    Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok besar
2.    Tiap perwakilan kelompok mengambil undian antrean maju
3.    Kemudian perwakilan kelompok maju bergantian
4.    Kelompok memutar papan roda putar
5.    Menunggu papan berhenti
6.    Jika petunjuk panah menunjukkan mendapat angka maka menjawab soal, apabila mendapat kesempatan dan dana umum boleh minta bantuan kepada teman, apabila mendapat zonk maka giliran kelompok lawan yang maju.
7.    Peserta didik membaca pertanyaan  dan langsung menjawab pertanyaan

Sumber:

Korthagen, F. A. J. (2000). Teacher educators: From neglected group to spearhead in the development of    education. Trends    in    Dutch    teacher    education,35-48.    Retrieved    from    : http://research.vu.nl%3Apublications%2F36077c19-3faa-4c32-8bc4-d347545d0aa5

Kwakman,  K.  (2003).  Factors  affecting  teachers'  participation  in  professional  learning  activities. Teaching    and    Teacher    Education, 19(2),    149-170. http://dx.doi.org/10.1016/S0742-051X(02)00101-4

Widoyoko,  E.  P.  (2009).Evaluasi  program  pembelajaran(Vol.  91).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Retrieved from : http://umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Program%20Pembelajaran.pdf

Kelompok 03
Mata Kuliah Design Thinking
PPG Prajabatan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline