Yuk para pendidik gunakan media pembelajaran untuk menghidupkan suasana kelas!
Keberhasilan proses belajar mengajar merupakan faktor utama dari keberhasilan tujuan pendidikan secara umum (Widoyoko, 2009). Salah satu faktor keberhasilan belajar ialah peranan seorang guru (Kwakman, 2003). Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan minat belajar anak. Guru menjadi pusat dan awal dari semua pembangunan pendidikan.
Guru merupakan ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dimana guru akan melakukan interaksi langsung dengan peserta didik dalam pembelajaran di ruang kelas (Korthagen, 2000). Bagi pelajar Indonesia mata pelajaran IPS merupakan pelajaran yang sangat membosankan sehingga perlu adanya hal yang menarik agar ruang kelas menjadi lebih hidup salah satu caranya dengan menggunakan media ajar. Media yang akan digunakan kali ini yaitu Media Roda Putar.
Fitur yang ada pada media ini yaitu buku panduan, panah petunjuk, papan roda putar, undian maju, pertanyaan.
Berikut Skenario Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar:
1. Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok besar
2. Tiap perwakilan kelompok mengambil undian antrean maju
3. Kemudian perwakilan kelompok maju bergantian
4. Kelompok memutar papan roda putar
5. Menunggu papan berhenti
6. Jika petunjuk panah menunjukkan mendapat angka maka menjawab soal, apabila mendapat kesempatan dan dana umum boleh minta bantuan kepada teman, apabila mendapat zonk maka giliran kelompok lawan yang maju.
7. Peserta didik membaca pertanyaan dan langsung menjawab pertanyaan
Sumber:
Korthagen, F. A. J. (2000). Teacher educators: From neglected group to spearhead in the development of education. Trends in Dutch teacher education,35-48. Retrieved from : http://research.vu.nl%3Apublications%2F36077c19-3faa-4c32-8bc4-d347545d0aa5
Kwakman, K. (2003). Factors affecting teachers' participation in professional learning activities. Teaching and Teacher Education, 19(2), 149-170. http://dx.doi.org/10.1016/S0742-051X(02)00101-4
Widoyoko, E. P. (2009).Evaluasi program pembelajaran(Vol. 91).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Retrieved from : http://umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Program%20Pembelajaran.pdf
Kelompok 03
Mata Kuliah Design Thinking
PPG Prajabatan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI