Lihat ke Halaman Asli

Nani Rahmawati

Penikmat seni, penyuka hujan dan langit biru,

Tips Traveling untuk Penderita Gerd dan Anxiety

Diperbarui: 8 September 2019   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seorang penderita Gerd dan Anxiety umumnya akan merasa takut melakukan perjalanan jauh, jangankan perjalanan jauh, untuk keluar rumah saja kadang-kadang mereka juga takut, kecemasan berlebihan yang dihadapi seorang penderita Gerd dan Anxiety kadang membuat mereka seperti kehilangan jati diri.

Contoh, ada seorang teman saya, yang biasanya bisa travel kemana-mana sendirian atau solo traveling akan merasa takut pergi sendirian, ada lagi yang biasanya senang bersosialisasi dengan teman-temannya, ketemu dan nongkrong di cafe-cafe milenial setiap bulan juga dia tinggalkan, tiba-tiba dia tidak mau bergabung dengan teman se-gank seperti biasanya.

Mereka cenderung menarik diri dari pergaulan, jangankan bertemu langsung, bahkan media sosial seperti Facebook , twitter, Instagram yang biasanya menjadi makanan sehari-haripun akan mereka tinggalkan. Lalu, sampai kapan kamu mengurung diri meratapi penyakitmu?, let's move on guys.

Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh katup cincin yang ada di lambung atas melemah dan menutup tidak sempurna, hal ini menyebabkan asam lambung naik ke saluran esofagus sehingga menyebabkan dada sering terasa panas dan terbakar bahkan asam lambung juga bisa mengiritasi permukaan lapisan lambung dan kerongkongan. 

Banyak gejala lain yang bisa dirasakan seperti rasa mual, dada berdebar-debar, sesak napas, keringat dingin, badan lemas, cepat lelah dan masih banyak lagi.

Para penderita Gerd umumya dikuti oleh gangguan psikis yaitu anxiety, kecemasan berlebihan terhadap sesuatu tanpa sebab yang jelas, hal ini yang menyebabkan seorang penderita Gerd dan Anxiety akan kehilangan produktifitasnya, juga dunianya.

Dari beberapa article yang penulis ketahui, dan sudah penulis jalankan, seorang penderita Gerd dan Anxiety harus menjalani 3 P sebagai proses penyembuhan yaitu:

1. Jaga Pola makan ( menghindari makanan pemicu seperti coklat, keju, teh, kopi, pedas, asam juga santan) 

2. Jaga Pola Pikir , tidak boleh berpikir terlalu berlebihan, tidak boleh menyimpan marah, dendam, sakit hati berlebihan juga harus bisa mengelola stress dengan baik.

3. Jaga Pola Hidup, istirahat yang cukup, tidak begadang dan merokok juga lakukan hobbymu sebagai cara agar kamu bisa mendapatkan kebahagiaan dari kegiatan yang kamu sukai, salah satunya dengan traveling. Kenpa harus traveling? Coba deh kamu baca kutipan berikut ini.

" Life begins at the end of your comfort zone"_Neale Donald Walsch

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline