Lihat ke Halaman Asli

Rhenaning Sedah Seto

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Jawa, UNS

Melawan Rasa Takut untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Diperbarui: 21 September 2023   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar  https://www.halodoc.com/

"Jangan khawatir akan masa depanmu yang mungkin tidak akan sesuai dengan harapanmu. Tapi khawatirlah dimasa depan kamu menyesal karena membuang-buang waktumu dengan hal-hal yang tidak penting di masalalu"

Rasa takut pasti dimiliki oleh setiap makhluk Tuhan, tak terkecualipun. Takut terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspetasimu, takut gagal, takut untuk mencoba hal baru, takut untuk bersosialisasi, atau bahkan takut terhadap sesuatu yang padahal itu baik untuk perkembangan diri kalian. Ketakutan-ketakutan tersebut jika kita tidak melawannya atau kalian tetap berada dizona nyaman kalian, percayalah suatu hari pasti kalian akan menyesal. Kalian pasti ingin kembali ke masa lampau untuk merubahnya sehingga dimasa depan kalian tidak menjadi seseorang yang mungkin gak pernah kalian bayangkan.   Lawanlah rasa takut kalian untuk masa depan yang lebih baik. Dengan melakukan hal-hal yang sederhana ini bisa merubah rasa takut itu menjadi  rasa percaya diri yang tinggi.

Pertama yang bisa dilakukan adalah tanamkan di diri kalian masing-masing "Jika tidak saya siapa lagi yang akan merubah masa depan saya" "Masa depan saya adalah cerminan perilaku saya masa kini". Nah setelah

menanamkan itu pasti kalian akan berpikir dua kali untuk menyerah melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Kedua setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, dan untuk apa kalian takut gagal? gagal coba lagi bangkit lagi, usaha dan doanya lebih dikencangkan lagi. Kalian boleh bersedih tapi jangan menyerah karena merasa takut gagal lagi. Ingat kita tidak sendiri kita punya Tuhan,dan apabila kita bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu serta berdoa maka kesuksesan pasti akan menghampiri kita.

Ketiga bersosialisasi itu penting, karena dengan bersosialisasi dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dari orang yang kita kenal. Jangan takut untuk bersosialisasi, tumbuhkanlah rasa percaya diri kalian. Berpikirlah kalian bermanfaat untuk orang lain dan orang lain bermanfaat untuk diri kalian. dalam bersosialisasi tentunya bisa mengembangkan pribadi kalian menjadi ke yang lebih baik jika kalian bisa memilih orang-orang yang membawa dampak positif ke kalian. Pandai-pandailah mencari teman.

Dan jangan lupa untuk terus mengembangkan minat dan bakat kalian, buanglah rasa takut gantilah dengan rasa percaya diri kalian untuk masa depan yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline