Lihat ke Halaman Asli

PERSEPSI ATAU PENDAPAT TENTANG PANCASILA.

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, pancasila memilki lima sila. Masing – masing sila memiliki gambar yang di jadikan sebagian dari arti dan peranan dalam dasar Negara Indonesia. Pancasila juga menjadi pedoman bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila juga bisa dijadikan norma – norma yang berlaku atau juga menjadi hukum dinegara Indonesia. Terkandungnya di uud 1945 alenia ke empatmenjadikan pancasila sebagai dasar negara indonesia, yang berisi bahwa “ kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpang darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarka kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial maka di susunlah kemerdekaan kebangsaan indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada KeTuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradap, persatuan indonesia dan kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Namun sekarang pemerintah tidak menerapkan pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia, pemerintah sekarang hanya mengakui adanya pancasila dan tidak menjalankan ke lima silanya. Dimana itu bisa terlihat dari kehidupan masyarakat Indonesia yang jauh dari kesejahteraan, keadilan, rasa aman dan masih banyak lagi. Jika pemerintah bisa menerapkan ke lima sila dengan benar mungkin rakyat Indonesia akan hidup sejahtera.

Contoh dalam masing – masing sila dalam kehidupan bermasyarakat adalah sila pertama yaitu Ketuhanan yang maha Esa dimana artinya adalah Mengakui bahwa adanya Tuhan, dan kebebasan untuk memilih agama sesuai dengan yang mereka yakini. Lalu sila ke dua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradap dimana artinya setiap manusia memiliki hakikat atau derajat yang sama satu sama lainya. Lalu sila ke tiga yaitu Persatuan Indonesia artinya kita sebagai warga Negara Indonesia harus bersifat nasionalisme dimana kita harus menghilangkan rasa perbedaan diantara kita entah itu kita adalah dari suku yang bermacam – macam dan saling menghormati satu dengan yang lainnya.

Sila ke empat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dalam perwakilan arti dari sila ke empat ini adalah bila kita sedang menghadapi masalah yang sukar diselesaikan, baiknya kita memuswarahkannya dan mengambil keputusan bersama agar mencapai keputusan yang terbaik. Dan yang terakhir adalah sila ke lima yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia artinya adalah Keadilan di Indonesia berhak diterima oleh seluruh rakyat Indonesia dan jika ada warga Negara Indonesia, keadilan berupa kesejahteraan, perlindungan, dll.

Bahwa bangsa indonesia memiliki dasar negara yaitu pancasila yang seharusnya menjadi pedoman hidup untuk bermasyarakat di negara Indonesia. Jika pancasila di jalankan dengan sebaik-baiknya, bangsa indonesia akan menjadikan rakyatnya kehidupan yang makmur, sejahtera dan juga akan tercipta rasa aman bagi setiap rakyatnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline