Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Karir

Diperbarui: 1 Januari 2023   19:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

OPINI 

"MANAJEMEN KARIR"

Oleh

NANIK DIAH SAFITRI

PRODI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir seorang karyawan, yang meliputi tahapan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, dan keputusan karir. Termasuk semua pihak yang terlibat dalam manajemen karir. Manajemen karir melibatkan semua pihak pegawai atau karyawan yang bekerja di unit perusahaan tempat si pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, manajemen karir mencakup bidang-bidang kegiatan yang sangat luas.

Dalam manajemen karir ini dimana sebuah perusahaan atau organisasi memilih, menilai, menugaskan, mengembangkan para pegawainya guna menyediakan suatu kelompok orang-orang atau karyawan yang memiliki potensi dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan dimasa yang akan mendatang. Kegiatan ini biasanya diartikan sebagai proses investasi untuk mencapai karir yang lebih tinggi.

Kegiatan manajemen karir memiliki beberapa tujuan diantaranya yaitu untuk mencapai tujuan karyawan dan perusahaan, Membantu karyawan untuk menggali potensi atau skill yang dimiliki dalam dirinya, Menjalin hubungan yang erat antara karyawan dengan perusahaan, Memperkuat pelaksanaan tujuan perusahaan. Dalam proses kegiatan manajemen karir dalam sebuah perusahaan adalah kegiatan yang sangat penting, Karena dari proses kegiatan ini akan memberikan beberapa manfaat bagi sebuah perusahaan itu sendiri.

Manfaat dari kegiatan manajemen karir dalam perusahaan yaitu mengembangkan kualitas kinerja karyawan dan memahami manfaat dari membangun kerja sama dengan perusahaan, Meningkatkan moral karyawan untuk proses pengaplikasian ketrampilan, Minat, Dan tujuan karir karyawan, Memperluas wawasan yang dibutuhkan untuk meningkatkan komitmen dan kepuasan karyawan, Menciptakan dan mempertahankan lingkungan belajar di perusahaan secara terus-menerus, Meraih hasil dari kinerja karyawan dengan memberikan beberapa fasilitas untuk mendukung proses kerja mereka.  

Dalam perencanaan karir, perencanaan karir merupakan bagian yang sangat penting karena menentukan dinamika organisasi atau perusahaan untuk manajemen sumber daya manusia. Ruang lingkup perencanaan karir mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Perencanaan jenjang jabatan atau pangkat karyawan

2. Perencanaan tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan 

Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena keduanya saling berkaitan. Jenjang karier seseorang akan menunjang kepentingan dan atau tujuan-tujuan organisasi atau perusahaan yang telah disiapkan. Oleh karena itu, Setiap perencanaan karir akan mengarah pada tercapainya kepentingan atau tujuan organisasi. Makin lancar perencanaan dan pelaksanaan karir maka organisasi atau perusahaan yang bersangkutan akan semakin dinamis.

Dalam penyusunan perencanaan karir diperlukan empat hal pokok, yaitu: 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline