Lokasi
SMA Negeri 1 Kandangserang
Lingkup Pendidikan
SMA
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan keaktifan siswa pada ssaat pembelajaran
Penulis
Nani Isnaeni
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Metode pembelajaran kurang menarik
- Metode yang digunakan guru masih konvensional. Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif. Kondisi guru yang belum mengoptimalkan model pembelajaran inovatif berimbas pada peserta didik yang pasif dan tidak terbiasa berperan aktif. Mayoritas guru lebih terbiasa menggunakan model pembelajaran monoton yaitu ceramah sehingga pembelajaran yang tercipta tidak berpusat pada peserta didik. Peserta didik juga tidak terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran sehingga menganggap pembelajaran itu sebagai kegiatan yang monoton dengan mendengarkan guru berceramah.
- Rasa percaya diri siswa rendah
- Rasa percaya diri siswa dapat terlihat pada proses pembelajaran, dimana siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Selain itu peserta didik belum bisa mengeluarkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga siswa mudah pasrah dengan kemampuannya. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
- Siswa belum memahami isi materi
- Sebagian besar siswa yang kurang aktif diakibatkan dari meraka belum memahami isi materi sehingga siswa kurang paham dengan apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Dari identifikasi permasalah tersebut dipilih satu yang akan diselesaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dengan metode permainan Bingo Game dan penggunaan quizizz dalam penilaian.
Penerapan model PBL dan metode pembelajaran melalui permainan Bingo Game dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok dimana setiap siswa dalam kelompok memiliki tugas masing-masing. Metode pembelajaran Bingo Game ini juga dapat membuat siswa lebih tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengurangi rasa bosan siswa dalam belajar. Selain itu penggunaan quizizz juga bisa membuat siswa bersemangat dalam mengerjakan soal-soal karena lebih menarik dibandingkan dengan mengerjakan soal secara manual. Manfaat dari praktik pembelajaran ini adalah: