Lihat ke Halaman Asli

Langkah-langkah dalam Mengajar

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan. Pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandangpembelajaran. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran hubungan antar komponen pembelajaran yaitu materi, kurikulum dan anak didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Pendekatan siswa aktif memandang pembelajaran akan terjadi apabila anak didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan siswa aktif dalam pembelajaran, guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang memungkinkan dapat menumbuhkan keaktifan anak didik dalam mengikuti pembelajaran. Ada dua pendekatan utama dalam pembelajaran yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru (teacher centered) dan pendekatan yang beraktivitas pada siswa (students centered).

Setelah guru mengambil pendekatan pembelajaran yang sesuai maka langkah selajutnya yaitu menentukan strategi yang akan digunakan. Strategi pembelajaran adalah ilmu dan kiat dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Untuk dapat merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang efektif, guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yaitu cara yang digunakan pendidik dalam membelajarkan anak didik. Diantaranya adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, pemberian tugas, kerja kelompok, demonstrasi (modelling), eksperimen, pemecahan masalah, inkuiri, sosiodrama, karyawisata, kerja kelompok, pengajaran unit, dan metode latihan. Masing-masing metode tersebut mempunyai kelemahan serta kelebihan sehingga guru diharapkan dapat memanfaatkan masing-masing metode dengan tepat sehingga kekurangan metode tersebut dapat dikurangi.

Teknik pembelajarn merupakan wujud konkrit dari penggunaan metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran. Dari langkah-langkah atau teknik pembelajaran dapat diketahui penggunaan metode, strategi dan pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran tersebut.

Dalam suatu pembelajarn tidak mungkin hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja. Suatu pembelajaran menuntut pemanfaatan berbagai metode dan teknik, baik dalam tahap perencanaan maupun pada saat pembelajaran berlangsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline