Lihat ke Halaman Asli

Nando Nando

Mahasiswa

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Diperbarui: 17 Oktober 2023   01:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Yang sudah kita ketahui bahwasanya evaluasi itu adalah penilaian,tapi sebelum itu alahkah baiknya kita memahami dulu tentang pendidikan.

Pendidikan merupakan suatu sistem. Sistem pendidikan terdiri dari beberapa komponen. Komponennya dari suatu pendidikan ialah adanya tujuan,materi, metodotogi, dan evaluasi. 

Kemudian setelah mengetahui tentang pendidikan kita langsung ke evaluasi.

Evaluasi berasal dari bahasa Inggris "Evaluation". Dalam bahasa Indonesia kata Evaluation diterjemahkan dengan penilaian. Apa sesungguhnya penilaian/evaluasi itu?Pengertian evaluasi secara istilah dikemukakan oleh banyak ahli. Edwind Wandt dan Gerald W. Brown (Sudijono : 2003) menyatakan bahwa Evaluation refer to the act or process to determining the value of something (Evaluasi mengacu pada kegiatan atau proses untuk mengetahui nilai dari sesuatu).

Nah setelah kita mengetahui keduanya kita dapat menimpulkan bahwasanya evaluasi itu suatu proses yang menentukan nilai yang terkandung dari sesuatu tersebut.

Dan seperti judul kita di atas yakni evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam maka dari itu evaluasinya ini lebih ke ranah menilai sesuatu yang lebih menjuru kepada agama islam seperti contoh mengevalusi mata pelajaran kelas 8 pendidikan agama islam di di kabupaten subang,jalancagak.

Nah mungkin cukup sampai sini dulu percakapan kita.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline