Halo teman-teman semua! Sekedar ingin berbagi pengalaman nih, mengenai pengalaman menggunakan media, apalagi sekarang menjadi salah satu Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang tentu saja dituntut untuk mendalami dan mengkuti perkembangan media yang ada saat ini.
Berbicara mengenai media ,media di Indonesia merupakan istilah umum yang merujuk kepada beragam alat yang lazim digunakan di Indonesia, baik untuk berkomunikasi ataupun menyebarkan informasi kepada masyarakat.
Di Indonesia, terdapat beragam jenis media yang sering digunakan untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi, di antaranya adalah televisi, radio, surat kabar atau koran, majalah, internet website, dan sebagainya. Masing-masing media komunikasi memiliki karakteristik berbeda-beda.
Pada dasarnya, beragam media komunikasi yang ada di Indonesia dikelompokan menjadi 2 kategori besar, yaitu media konvensional dan media baru (new media).disini saya akan mecnceritakan pengalaman saya menggunakan keda media tersebut dan menunjukkan perbedaan perbedaan yang mencolok pada kedua media tersebut serta mengetahui potensi positif yang saya dapatkan dari media baru tersebut bagi masa depan saya.
Media konvensional kini memiliki pesaing yaitu dengan munculnya media baru. Kemunculan media baru berkembang sangat pesat seiring berkembangnya teknologi.
Pada era media baru ini kita diberi kemudahan untuk mengakses informasi, hiburan dan lain-lain. Berbeda ketika pada era media konvensional (media lama) kita hanya bisa menonton acara televisi kesukaan pada hari dan jam tertentu atau membaca majalah yang terbit selama seminggu sekali, sekarang kita menikmati itu semua setiap saat tanpa batas waktu dengan mengakses internet.
Kemudahan dalam mengakses informasi dan hiburan menjadi keunggulan pada media baru, ditambah lagi informasi sudah menjadi kebutuhan pada saat ini. Informasi dan hiburan yang ingin diaksespun sangat beragam, kita bisa memilih mana yang ingin kita akses dan yang lebih relevan.
Adapun kelebihan media baru yang berupa media yang bersifat digital dapat lebih mudah diakses setiap saat dimana saja. Penyebaran informasi juga lebih cepat dan luas. Sedangkan, pada media konvensional surat kabar lokal pembaca hanya sebatas masyarakat di sekitar saja yang dapat mengakses dengan cara membeli surat kabar tersebut. Dengan media baru infomasi dari daerah satu dan yang lain bisa didapat dengan mudah melalui internet. Kemampuan media digital yaitu kita dapat menyebarluaskan dan mendistribusikan informasi dari media lokal hingga dapat diakses secara mudah dengan kehadiran media online. Kita dapat menemukan berita-berita baru dari penjuru dunia dengan mudah dan cepat.
Generasi sekarang jarang lagi ditemukan sedang membaca surat kabar, majalah atau menonton acara televisi. Dapat dikatakan anak muda generasi sekarang lebih menyukai kemudahan adanya internet.
Anak-anak jika ingin menonton program televisi kartun tidak harus menunggu pada hari tertentu lagi, seperti dulu program televisi kartun hanya disiarkan pada hari minggu pagi. Media harus mengikuti perkembangan menuruti audien atau pembaca.
Teori encountering the media menyebutkan adanya karakteristik individual yang berbeda, sosial serta psikologis seseorang dapat memungkinkan berpengaruh pada penggunaan media (DeFleur & Ball-Rokeach,, 1989).