Lihat ke Halaman Asli

Nandhita Zaghna Artryant

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Diponegoro

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip, Lakukan Kegiatan Stock Opname di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang

Diperbarui: 10 Februari 2023   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rak Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah /Dokpri

Semarang. Jum'at, 10 Februari 2023 -- Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang merupakan pusat sumber belajar, pusat kegiatan literasi informasi, pusat penelitian, pusat kegiatan baca membaca, tempat kegiatan kreatif, imajinatif, inspiratif dan menyenangkan dalam rangka menunjang kegiatan siswa-siswi SMA. 

Agar perpustakaan dapat memenuhi fungsi tersebut, maka koleksi yang disediakan harus mudah dicari dan ditemukan kembali keberadaannya di rak koleksi sehingga layanan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Untuk mencapai kondisi koleksi perpustakaan yang mudah ditemukan kembali, 4 (empat) mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro dalam program Job Training tahun 2022/2023 melakukan kegiatan stock opname pada ribuan buku di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Januari -- 10 Februari 2023.

Kegiatan stock opname pada Jum'at, 27 Januari 2023 /Dokpri

Stock opname bahan pustaka di perpusataan adalah kegiatan pemeriksaan koleksi perpustakaan secara menyeluruh apakah koleksi itu masih sesuai dengan catatan yang dimiliki. Adapun tujuan dari kegiatan stock opname adalah untuk melakukan penghitungan ulang secara menyeluruh dan memeriksa data bahan pustaka yang ada di base data (pangkalan data) komputer dengan bahan pustaka yang ada di rak sehingga dapat diketahui ada atau tidak buku tersebut.

Stock opname buku pelajaran kelas X, XI, XII /Dokpri

Stock opname koleksi referensi  /Dokpri

Stock Opname dilakukan pada seluruh koleksi yang ada di Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah antara lain buku pelajaran, koleksi sirkulasi, dan koleksi referensi. Perpustakaan yang sedang melakukan stock opname biasanya tidak membuka layanan koleksinya secara open access untuk sementara. Namun, pada kegiatan ini Perpustakaan SMA Islam Hidayatullah Semarang tidak dilakukan penutupan karena pelaksanaan stock opname tidak berlangsung secara bersamaan melainkan bergantian. Hal ini dilakukan agar siswa/siswi tetap dapat melakukan kunjungan dan perpustakaan tetap beroperasi seperti sedia kala.

Stock opname koleksi sirkulasi /Dokpri

Stock opname koleksi sirkulasi /Dokpri

Harapannya setelah dilakukan kegiatan stock opname, pemustaka dapat dengan mudah menemukan kembali buku yang dibutuhkan sehingga layanan perpustakaan dapat berjalan secara optimal.

Kunjungan dosen pembimbing  /Dokpri

Foto mahasiswa Job Training Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro 2020 /Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline