PERILAKU INDIVIDU DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN
Nanda Toyino,Novianty Djafri
Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Perilaku seorang biasanya diwarnai oleh hakikat tujuan yang ingin dicapai,demikian yang bersangkutan tidak selalu sadar dengan adanya kaitan antara perilaku dengan tujuan tersebut.
Perwujudan perilaku seseorang adalah tindakan yang dilakukannya. Karena tujuan ingin dicapai maka seseorang atau organisasi yang beranek ragam, maka tindakan yang dilakukan akan beraneka ragam dan juuga tidak mustahil bahwa seseorang atau organisasi yang melakukan beberapa beberapa tindakan sekaligus.
Perilaku yang berkaitan dengan interaksi antarasatu orang dengan orang lain, interaksitersebut saling menguntungkan dan saling memberikan makna tersendri bagi seseorang atau organisasi. Seseorang yang akan selaluberinteraksi itulah yang akan menjadi salah satu indicator makhluk social
Kata Kunci : Perilaku Individu, Organisasi dan Komunikasi
Pendahuluan
Dalam mengamati perbedaan individual,maka kita perlu memperhatikan studi ilmiah tentatang perilaku manusiatersebut. Kepribadian Merupakan konsep yang paling dasar digunakan untuk menjelaskan serangkaian perilaku tersebut.
Pada tingkat ini yang paling sederhana,yang dpat dikatakan bahwa kepribadian meruprupakan cara khas ataau cara individu berfikir dan bertindak ketika dia sedang menyesuaikan diri dalam lingkungan dan kepribadian terdiri dari dari berbagai perilaku yang khas dan berbeda yang dapat disusun dalam beberapa bentuk hierarki. Jadi perilaku merupakan suatu fungsi dari interaksi anatara individu dengan lingkungannya.
Misalkan dalam melayani permakiran motor atau mobil,seorang tukang pos yang akan menyampaikan surat alamat dan lain-lain.dan mereka juga akan berperilaku berbeda satu sama lain, dan juga perilaku tersebut akan ditetukan masing-masing lingkungan yang berbeda. Kemudian individu membawa kedalam organisasi,kemampuan,kepercayaan pribadi,pengharapan kebutuhan,dan pengalaman masa lalu.semuanya merupakan karakteristik yang mempunyai individu,dan karakteristik yang akan dibawa manakalah dia dia akan memasuki suatu linkungan yang baruyaitu organisasi dan lainnya.
Adapun karakteristik yang mempunyai organsasi anatara keteraturan yang diwujudkan dalam suatu susunan hierarki,pekerjaan,tugas-tugas, wewenang tanggung jawab,sistempengajian,sistem pengkajian,sistem pengendalian dan lain sebagainya.
Jikaulah karakteristik individu berinteraksi dengan karakteristik organisasi maka akan terwujudlah perilaku dalam invidu organisasi (Nadler al.1979) Jadi seseorang individu dengan lingkungan kedua yang akan berperilaku secara langsung. Kedua sifat-sifat khusus mempunyai karakteristik tersendiri dan jika kedua karakteristik berinteraksi maka akan menimbulkan perilaku organisasi.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi yang berfokus pada perilaku individu,organisasi,komunikasi Pendidikan. Cara yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan studi literatur, yaitu pengkajian dan analisis kembali terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan perilaku organisasi komunikasi Pendidikan.