Lihat ke Halaman Asli

inanda shinta

Berbagi Informasi

Peningkatan Wawasan Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis UMKM

Diperbarui: 25 November 2021   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurusan Akuntansi, Universitas Negeri Malang melaksanakan Webinar dengan tema "Peningkatan Wawasan Kewirausahaan Melalui Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis UMKM" secara online melalui Zoom Meeting. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Ferby Mutia Edwy, S.E., M.Ak., bertujuan untuk mengakomodasi calon pengusaha dan pengusaha baru dalam merealisasikan ide bisnis dan mengembangkan ide bisnisnya. 

Webinar Kewirausahaan yang berlangsung pada Sabtu, 6 November 2021 ini dimoderatori oleh Inanda Shinta Anugrahani, S.E., M.A., dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Peserta yang bergabung dalam webinar ini tidak hanya pengusaha dan calon pengusaha lokal di Kota Malang, namun terdapat beberapa peserta yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Dokpri

Pemaparan materi pertama oleh Ibu Peni Budi Astuti dengan pembahasan mengenai strategi mewujudkan ide usaha melalui perencanaan bisnis dan pengelolaanya. Ibu Peni Budi Astuti merupakan Pendamping Konsultan Klinik Bisnis Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang. Beliau juga merupakan owner dari CV Diopeni. 

Diskusi secara online sangat menarik karena antusiasme peserta yang tinggi dan keberagaman jenis usaha dari peserta yang membuat banyaknya interaksi peserta dengan pemateri.

Dokpri

Pemaparan materi kedua oleh Bapak Yan Prastiyo yang merupakan pendiri dan pengelola Kukasi Nasi Martabak. Beliau membagikan tips terkait strategi pengembangan bisnis agar tetap bertahan di era disruptif bagi UMKM. Pembahasan pada materi kedua mendorong para peserta yang ingin memulai bisnis untuk tidak takut memulai. 

Pengalaman beliau membuat peserta terinspirasi untuk terus berinovasi agar dapat bersaing dengan kompetitor lokal maupun asing. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang semula akan diselenggarakan secara luring bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri berganti menjadi kegiatan daring melalui Zoom Meeting memberikan dampak kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat Indonesia yang memiliki minat dalam berwirausaha.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline