Korespondensi Dalam Dunia Bisnis :
Pengertian, Fungsi, dan Syarat Surat Yang Baik
Korespondensi berhubungan erat dengan komunikasi antar individu maupun perusahaan melalui media surat. Korespondensi dalam bisnis mengacu pada cara penyampaian informasi, pesan, pertanyaan, dan tanggapan dari satu pihak kepada pihak lain. "Surat-surat" berperan penting dalam upaya membangun dan mempromosikan hubungan bisnis selain penggunaan media lain seperti telepon, faks, dan internet.
Pengertian Surat
Surat adalah sarana komunikasi yang berupa selembar kertas berisi tentang informasi atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Informasi dalam surat bisa berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan, dan putusan. Kegiatan berkomunikasi dengan surat disebut surat-menyurat atau korespondensi.
Fungsi Surat
1. Surat Sebagai Alat Komunikasi
Surat pada dasarnya adalah komunikasi, sehingga tujuan utama penulis surat yaitu tercapainya maksud yang ingin penulis sampaikan dan mendapat respons dari penerima surat sesuai dengan informasi yang dikirimkan oleh penulis surat.
2. Surat Sebagai Dokumen
Surat adalah dokumen tertulis yang digunakan sesuai dengan apa yang dikandungnya. Oleh karena itu, surat-surat harus disimpan sebaik mungkin karena dapat digunakan sebagai alat bukti kegiatan dan informasi. Surat juga merupakan pedoman kerja untuk melaksanakan tugas-tugas seperti instruksi dan hukum.
3. Surat Sebagai Duta atau Wakil Dari Penulis
Surat sebagai duta atau wakil berarti dengan adanya surat tersebut seolah-olah penulis berada di depan penerima (pembaca) surat itu.