Lihat ke Halaman Asli

Nanda Novitriani

Universitas Negeri Malang

Pelatihan Tanggap Bencana Melalui Role Play Game pada Siswa-Siswi MAN Kota Batu oleh Mahasiswa Geografi UM

Diperbarui: 2 Mei 2023   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Malang - Gempa berkekuatan 6,6 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur dapat dirasakan hingga wilayah Malang dan sekitarnya. Gempa yang terjadi pada hari Jum'at, 14 April 2023 sekitar pukul 16.55 WIB tersebut berpusat di 68 kilometer barat laut Kabupaten Tuban dengan kedalaman 632 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. 

Dilatar belakangi oleh hal tersebut, sebagai Mahasiswa Geografi Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah Geografi Bencana dan sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berinisiatif untuk melakukan aksi pendidikan kebencanaan dengan harapan supaya siswa lebih tanggap terhadap bencana dan mengetahui langkah-langkah mitigasi bencana, khususnya bencana gempa bumi melalui Role Play Game (RPG) pada terhadap siswa-siswi MAN Kota Batu.

Situasi Kelas saat Role Play Game (Dokpri)

Situasi saat terjadi Gempa Bumi (Dokpri)

Aksi ini dilakukan agar sebagai warga Indonesia yang tinggal pada kawasan dengan kerawanan bencana yang tinggi, dapat memiliki sikap tanggap bencana apabila suatu bencan terjadi pada sekitar lingkungan tempat tinggal. Tidak hanya untuk bencana gempa bumi saja, namun untuk seluruh bencana yang mungkin dapat terjadi. 

Aksi ini dilakukan dengan membagikan peran kepada siswa, terdapat beberapa peran yang didapatkan oleh siswa, salah satunya yaitu siswa disabilitas. Siswa-siswi MAN Kota Batu diberikan arahan step by step dalam mitigasi bencana gempa bumi. Diharapkan dari aksi yang telah dilakukan, siswa-siswi MAN Kota Batu dapat memiliki sikap tanggap bencana dan dapat membantu korban lain apabila terjadi bencana agar dapat meminimalisir jumlah korban.

Aksi selengkapnya dapat disaksikan melalui link berikut https://youtu.be/A8Yd3ZAKCOs




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline