Strategi unik juga menarik dalam perihal marketing, pada zaman saat inipelaku usaha UMKM sedang mengalami proses perkembangan yang cukup pesat, hal ini didorong oleh dengan perkembangan ide dan juga inovasi baru dari strategi marketing. Hal ini dapat disimpulkan karena pelaku UMKM di Indonesia yang sudah marak dan juga kesadaran masyarakat untuk dapat membuka usaha yang meningkat. Secara umum, UMKM Indonesia berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan yang menjanjikan, di dukung oleh inisiatif digitalisasi, dukungan pemerintah, dan inovasi bisnis. Namun, agar UMKM dapat bertahan dan bersaing dalam jangka panjang memerlukan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.
Ada banyak jenis dari UMKM yang sudah dijalankan oleh masyarakat Indoenesia, baik itu dalam bentuk jasa maupun produk. Dengan adanya perkembangan era digital saat ini, masyarakat calon pengusaha atau pelaku UMKM dapat dengan mudah menemukan ide peluang usaha yang menjanjikan. Begitu juga dengan ide usaha dari coffe shop atau caf yang merupakan salah satu peluang yang cukup menjanjikan untuk para kaum pengusaha yang sedang mencari ide usaha bisnis yang menjanjikan, hal ini dapat disimpulkan karena dengan banyaknya konsumen atau penikmat kopi baik dari kalangan anak muda, remaja, dewasa, bahkan sampai dengan orang tua, coffe shop merupakan salah satu ide usaha yang memiliki target market yang cukup luas karena adanya konsumen yang sudah banyak dan juga dari berbagai jenis kalangan.
Begitu juga dengan jenis pelaku UMKM atau usaha coffe shop di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya peluang dari segmen market yang luas, pada saat ini sudah banyak sekali pelaku usaha coffe shop yang hadir untuk dapat menjadi pebisnis di segmen ini. Dengan adanya perkembangan yang pesat dari media digital, strategi marketing dan juga pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis pada usaha ini sudah banyak sekali jenisnya. Dari hasil wawancara secara langsung dan juga pengamatan dari media sosial, sudah dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perkembangan media digital sangat mempengaruhi keberlangsungan dari cara marketing dan juga pemasaran produk.
Coffe shop yang sedang berada di tahap proses berkembang sudah pasti sedang mencari jenis-jenis cara dan strategi yang mumpuni guna semua dari target market konsumen dapat terjamah dan juga mendapatkan informasi terkait dengan adanya produk dan juga informasi lainnya dari coffe shop yang sedang berjalan.
Berikut merupakan cara strategi marketing yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis coffe shop di Kabupaten Sumedang :
1. Strategi bisnis coffe shop lewat media digital atau sosial media
Dengan adanya perkembangan yang pesat dari dunia digital, sudah dipastikan akan menyebabkan perkembangan juga dalam penyebaran informasi dan juga komunikasi di dunia digital. Dengan adanya perkembangan ini, media untuk dapat mempromosikan produk ke khalayak umum menjadi lebih cepat dan juga effisien, hal ini dapat berupa mempublikasikan foto atau gambar flyer dari produk dengan tujuan memikat minat dan juga untuk menarik pengunjung untuk datang ke coffe shop.
2. Strategi marketing coffe shop lewat pelayanan yang baik dan juga responsif
Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada customer atau pelangan, coffe shop biasanya memiliki harapan dan juga tujuan supaya pelanggan tersebut dapat merekomendasikan dan juga mengajak orang yang belum pernah datang atau belum tau mengenai coffe shop tersebut dapat tertarik untuk datang berkunjung. Hal ini dapat dijadikan strategi marketing yang unik karena secara tidak langsung dapat menarik pelanggan lain untuk datang berkunjung.
3. Strategi marketing coffe shop dengan mengadakan event yang menarik untuk para pelanggan baru