Lihat ke Halaman Asli

Nanda Manata

Mahasiswa

Menciptakan Komunikasi yang Efektif dan Efisien dalam Sebuah Organisasi

Diperbarui: 2 Januari 2023   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STUDI TENTANG PSIKOLOGI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Nanda Manata¹ Ibu Novianty Djafri²

Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Gorontalo

Organisasi dan kelompok bergantung pada komunikasi yang efektif untuk melakukan semua fungsi mereka termasuk perencanaan, mengarahkan, mengendalikan, pengambilan keputusan dan pelaksanaan keputusan serta tujuan.. 

Dan samping itu, Komunikasi adalah jantung dari bangunan organisasi. Ini adalah batu kehidupan menghubungkan seluruh elemen organisasi. Komunikasi tidak efektif dan miss communication menghasilkan sebagian besar masalah organisasi seperti konflik, perselisihan, prasangka, keputusan yang salah, eksekusi yang buruk, kesenjangan dan kesalahpahaman. Setiap organisasi tidak peduli seberapa kecil membutuhkan beberapa bentuk komunikasi untuk koordinasi dan kelancaran. 

Oleh karena itu, komunikasi tidak dapat dikatakan menjadi efektif, jika pengetahuan bersama belum tercapai. Sulit untuk membayangkan tujuan organisasi yang bisa dicapai tanpa komunikasi. 

Komunikasi yang efektif adalah penting untuk keberhasilan setiap organisasi. Komponen dasar dari komunikasi yang efektif adalah pemikiran yang jernih, berbicara jelas, menulis jelas dan ini harus diingat karena sangat mendasar.

Manusia adalah makhluk sosial yang sewaktu-waktu berinteraksi dengan lingkungannya. Organisasi sebagai suatu  tempat berkumpulnya orang dalam melakukan interaksi dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama. 

Komunikasi memiliki peranan penting dalam setiap organisasi. Pentingnya komunikasi dalam organisasi adalah di mana dalam melakukan pekerjaan dengan sesama anggotanya, diperlukan komunikasi yang efektif agar mereka mengerti pesan-pesan tentang pekerjaannya. 

Komunikasi yang terdapat di dalam suatu organisasi akan memengaruhi kegiatan organisasi, seperti produktivitas kerja, kepuasan karyawan, penyamaan persepsi dan efisiensi kerja. Salah satu metode dalam meningkatkan efektivitas kerja organisasi dengan cara memperbaiki komunikasi dengan membuatnya lebih efektif secara berkesinambungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline