Indonesia menjadi negara dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang pesat, terlebih dengan adanya perkembangan teknologi ini mampu mendorong perekonomian masyarakat menjadi ekonomi digital.
Ekonomi digital ini merupakan suatu kegiatan yang didalamnya berkaitan dengan jaringan internet, jaringan internet ini berfungsi untuk mengakses pengetahuan terbaru dan terupdate yang menghubungkan koneksi satu sama lain diberbagai dunia melalui teknologi informasi.
Maka dari itu, hal ini menimbulkan suatu tantangan di berbagai bidang terutama bidang industri kreatif yaitu fotografi. Tantangan ini membuat peran fotografi harus terus mengikuti perkembangan yang ada dengan cara peka terhadap trend-trend yang ada dan inovasi-inovasi yang baru didalam teknologi.
Dilihat dari perkembangan teknologi di jaman sekarang, tantangan yang pertama pada dunia bisnis fotografi yaitu pengguna teknologi itu sendiri. Seperti mudah sekali apabila mau berfoto karena banyak dari sebagian masyarakat mempunyai handphone terbaru yang bermerek serta fitur-fitur yang memudahkan penggunanya menghasilkan foto yang baik.
Akan tetapi di dalam industri kreatif terutama fotografi, tidak hanya asal cekrek saja namun harus memiliki taste fotografi. Taste fotografi ini merupakan suatu selera, konsep, dan sensasi yang dimiliki fotografi terhadap objek yang dia tangkap. apabila seorang fotografi tidak mempunyai taste, kemungkinan bisa saja hasil foto nya tidak menjual dipasaran karena banyak dari sebagian orang yang bisa menilai bahwa foto ini biasa saja.
Tantangan yang kedua kemunculan AI (artificial intelligence), saking canggihnya teknologi ini berpotensi menggerus bisnis dibidang fotografi karena banyak kekhawatiran fotografer akan kendali kreatif yang dimiliki oleh fitur-fitur AI sehingga bisa kehilangan minat masyarakat akan jasa fotografer.
Namun, tantangan ini harusnya bukan dijadikan sebagai malapetaka, karena AI sendiri merupakan teknologi yang dirancang dan berpotensi memudahkan pekerjaan manusia. Maka dari itu sebagai fotografer harus bisa belajar memadukan teknologi terbaru untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih optimal.
Berbicara mengenai persaingan di dunia bisnis fotografi, semua orang bisa belajar fotografi dengan mudah melalui internet sehingga banyak kompetitor didalam industri kreatif yang satu ini.
Persaingan di industri kreatif fotografi ini adanya brand awareness yang berkaitan dengan teknik pengenalan brand terhadap masyarakat, jadi persaingan yang ketat karena kompetitor yang banyak membuat hal ini masuk menjadi tantangan bagi seorang fotografer didunia bisnis.
Dengan adanya hal ini, maka seorang fotografer harus memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, untuk bisa memperkenalkan jasa fotografinya lewat sosial media dengan konsisten.
Sejauh ini, dengan adanya perkembangan teknologi mendatangkan banyak tantangan dan juga keuntungan diberbagai bidang terutama pada pembahasan bidang fotografi.