Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Diperbarui: 12 November 2015   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bahasa adalah unsur utama dalam komunikasi karena tanpa adanya bahasa akan menghambat terjadinya komunikasi.  Saat ini, penguasaan bahasa asing diyakini sebagai salah satu bekal untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Semakin banyak bahasa asing yang dikuasai, semakin memudahkan kita untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang dari berbagai kalangan dan asal. Ditambah lagi, di era yang serba digital ini, makin beragam bahasa yang digunakan dalam petunjuk penggunaan produk-produk elektronik yang kadang tidak hanya dalam satu bahasa asing namun bisa lebih dari 2 atau 3 bahasa atau bahkan lebih.

Dengan berkembangnya teknologi dan internet saat ini yang sudah berkembang sangat pesat, kita dengan mudahnya bisa terhubung dengan individu lain antar negara bahkan antar benua. Memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa asing bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan individu-individu tersebut, dan menjadikan komunikasi menjadi lebih efisien. Kita juga bisa menikmati hiburan melalui literatur, film, musik, dan radio dengan memahami bahasa.

Lalu, bahasa apakah yang paling banyak digunakan di dunia? Berikut adalah daftar 5 bahasa yang paling banyak digunakan versi www.litsverse.com

  1. Mandarin

Bahasa ini digunakan oleh sekita 1 milyar orang di dunia.  Bahasa dari negara dengan penduduk terpadat di dunia ini mengalahi Inggris dalam rasio 2 banding 1, tapi itu tidak berarti bahasa ini lebih mudah dipelajari daripada Bahasa Inggris. Bahasa ini bisa sangat susah untuk orang asing karena setiap kata bisa diucapkan dalam 4 cara atau tone berbeda, dan bagi pemula pasti akan merasa sangat susah untuk membedakan satu tone dengan yang lainnya. Namun jika 1 milyar orang saja bisa, kamu pun pasti bisa! Ni Hao!

  1. English

Meskipun bukan berada di urutan pertama dalam list bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang dipakai kebanyakan negara di dunia, contohnya New Zealand, Australia, England, The U.S., Zimbabwe, The Caribbean, Hong Kong, Afrika Selatan dan Kanada. Bahasa ini digunakan oleh lebih dari 580 juta orang di dunia.

  1. Hindustani

Hindustani adalah bahasa utama di India dan bahasa ini terdiri dari banyak dialek (Hindi adalah dialek yang paling banyak digunakan). Bahasa ini digunakan oleh sekitar 497 juta orang di dunia. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa suatu saat populasi India akan mengalahkan Cina, namun para ahli Bahasa inggris di India melarang para Hindustani untuk mengalahkan bahasa yang paling popular di dunia. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari Hindi, bisa dimulai dengan banyak menonton film-film India. Industri film India adalah yang paling produktif di dunia, dengan menghasilkan ribuan film action, romance dan musical setiap tahunnya.

  1. Spanish

Spanish adalah bahasa yang berasal dari Spanyol dan digunakan oleh sekitar 392 juta orang di dunia. Bahasa Spanyol banyak digunakan di daerah Amerika Selatan dan negara-negara Amerika bagian tengah, belum lagi Spanyol, Kuba dan Amerika Serikat. Ada hal menarik dari bahasa Spanyol di Amerika Serikat, yaitu banyak bahasa Inggris yang “meminjam” bahasa Spanyol, seperti tornado, bonanza, patio, quesadilla, enchilada dan taco grande supreme.

  1. Russian

Mikhail Gorbachev, Boris Yeltsin, dan Yakov Smirnoff adalah beberapa nama dari jutaan orang yang menggunakan bahasa dunia. Rusia bukan hanya digunakan di negara Rusia, namun juga di Belarus, Kazakhstan, dan Amerika Serikat (hanya di beberapa daerah).

 

Itulah 5 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Lalu bagaimana dengan Bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia berada di urutan ke-9 setelah bahasa Portugis. Bahasa Indonesia digunakan oleh sekitar 159 juta orang di dunia.

So, asahlah kemampuan kamu dalam memahami bahasa asing, karena hal ini bisa menguntungkanmu tidak hanya di dunia sekolah tetapi juga di dunia kerja. Hitung-hitung investasi sejak dini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline