Lihat ke Halaman Asli

Nanda Dwi Febriyanti

22107030008 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nuzulul Quran, Santri Mahasiswi Ponpes Wahid Hasyim Simaan Al-Quran Bil Ghoib 30 Juz

Diperbarui: 8 April 2023   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana simaan bil ghoib 30 juz di marhalah 1 (dokumen pribadi)

Peringatan Nuzulul Quran di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, dilakukan dengan simaan Al-Quran bil ghoib 30 juz. 

Simaan Al-Quran bil Ghoib 30 juz ini merupakan acara rutinan Pondok Pesantren Wahid Hasyim di setiap tahunnya pada Bulan Ramadhan. Pada tahun ini, pelaksanaannya bertepatan pada hari Jumat, 07 April 2023 atau 16 Ramadhan 1444 H. 

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita para santri mahasiswi tahfidz Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta disuwun Ibunda agar bisa mengadakan Nuzulul Quran seperti biasanya. Dan simaan Al-Quran bil ghoib 30 juz inilah yang menjadi tradisi disini. Dengan simaan Al-Quran, dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Al-Quran." Ujar Bu Umu Zulfa selaku ketua pelaksana acara peringatan Nuzulul Quran.

"Peringatan Nuzulul Quran ini menjadi kegiatan yang dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Allah akan melipatgandakan pahala seseorang yang membaca Al-Quran, apalagi di bulan Ramadhan. Selain membaca Al-Quran, umat muslim dianjurkan untuk mentadaburi Al-Quran atau mengetahui arti, makna dan hikmah yang ada pada sebuah ayat. Hal ini dikarenakan Al-Quran sebagai pedoman kehidupan manusia yang wajib untuk dipahami oleh setiap muslim," ungkap Bu Ummu Zulfa lagi.

Simaan ini dihadiri dan diikuti oleh seluruh santri mahasiswi Tahfidzul Quran Ponpes Wahid Hasyim. Dimana dalam pelaksanaannya bertempat di komplek timur atau yang biasa dikenal dengan komplek AHC (Abdul Hadi Center). Yang kemudian dibagi lagi menjadi 3 marhalah atau 3 tempat. 

Marhalah 1 bertempat di Masjid AHC bagian barat. Marhalah 2 bertempat di Masjid AHC bagian timur. Dan marhalah 3 bertempat di ruang tamu ndalem.

Acara ini dibuka oleh Bu Ummu Zulfa selaku ketua pelaksana. Diawali dengan mengirimkan hadiah surat Al-Fatihah untuk Pendiri Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Bapak Ibu Pengasuh, dan keluarga ndalem. Dimaksudkan semoga Bapak Ibu sekeluarga senantiasa diberikan kesehatan dan dilancarkan segala hajatnya.

Setelah membaca surat Al-Fatihah bersama, disambung dengan pembacaan juz di masing-masing marhalah yang sudah ditentukan. Masing-masing marhalah diisi dengan pembagian juz yang berbeda. Marhalah 1 mendapat bagian juz 1-10. Marhalah 2 juz 11-20. Dan yang terakhir marhalah 3 mendapat bagian juz 21-30. 

Salah satu santri mahasiswi yang disimak di marhalah 3 (dokumen pribadi)

Santri mahasiswi tahfidz yang mengikuti simaan kurang lebih berjumlah 110 orang. Dimana setiap orang tersebut tentunya mendapatkan bagian simaan juznya masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline