Lihat ke Halaman Asli

Nanda febriani

Mahasiswi UIN SUSKA RIAU

Kepemimpinan dalam Organisasi

Diperbarui: 24 Juni 2021   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui Kepemimpinan dalam Organisasi (unsplash/leon)

Pemimpin merupakan kata dasar dari kepemimpinan.pemimpin memiliki arti yaitu seorang yang menjalankan suatu kelompok dengan mempengaruhi individu lainnya dalam rangka untuk meraih suatu tujuan yang ditentukan bersama.

Kepemimpinan dalam organisasi yaitu entitas dalam pengarahan tugas atau kewajiban para anggota dalam organisasi yang dimaksudkan untuk meraih tujuan.dan sebuah proses dimana seorang pemimpin memengaruhi dan memberi contoh pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Pemimpin yang baik bukan dilihat dari seberapa banyak orang yang menjadi pengikutnya, bukan juga dilihat dari seberapa lama ia memimpin.pemimpin yang baik dilihat dari seberapa banyak dia mampu menciptakan sosok pemimpin yang baru.

Kepemimpinan menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan sebuah organisasi.untuk itu, ada sebeberapa sikap kepemimpinan dalam organisasi yang perlu diterapkan oleh seorang pemimpin.yaitu Menjalin kedekan dengan bawahan.

Kepemimpinan dalam organisasi akan menjadi lebih efektif jika seorang pemimpin telah mendapat respek dari anak buah, hal ini bisa dijadikan kedekatan dengan mereka,sehingga bawahan akan percaya dan mau mengikuti arahan atasannya tersebut.

Memberikan semangat dan motivasi,Kepemimpinan dalam organissi bukan pangkat dan jabatan akan tetapi motivasi juga penting dalam organisasi,karena motivasi itu kepemimpinan bagaimana ia menjadi seorang pemimpin dapat memberikan semangat dan motivasi kepada karyawannya,bahkan untuk hal kecil dari bawahan kerjakan.

Baca juga : Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Sekolah dan Pesantren

Memberikan kepercayaan dan tanggung jawab,Kepemimpinan dalam organisasi yaitu tentang kepercayaan,berikan bawahan mu kepercayaan.dan berikan bawahan itu kepercayaan dan tanggung jawab yang lebih dalam lebih melakukan tugas mereka sebagai bawahan,jika tidak ada hal yang tidak sejalan,jnagan langsung menghakimi, berikan faedah agar kedepannya mereka tidak takut salah dalam mengambil keputusan.

Pemimpin organisasiyang  jelas mengomunikasikan misi,visi,dan kebijakan organisasi membangun semangat karyawan, memastikan operasi bisnis yang efisien, membantu karyawan tumbuh secara profesional dan berkontrebusi secara positif terhadap misi organisasi.

Seorang pemimpin juga harus memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu,hanya dengan begitu dia bisa memimpin orang lain. Dia harus berkomitmen didepan pribadi dan profesional,dan harus bertanggung jawab.dia harus menjdi penutup tanutan bagi orang lain,dan menjadi contoh bagi mereka.

Seorang pemimpin harus meningkatkan semangat karyawan atau bawahannya.dia harus memotivasi mereka dengan baik sehingga mereka berkomitmen untuk organisasi.pemimpin juga harus akrab dengan karyawan,memiliki kepedulian terhadap mereka dan mendorong mereka mengambil inisiatif.itu akan menghasilkan karyawan yang lebih efisien dan efektif dan memastikan keberhasilan organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline