Lihat ke Halaman Asli

Nanda Fadila

mahasiswi

Mahasiswa KKN-PMD UNRAM: Dorong Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kare-kare

Diperbarui: 24 Agustus 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sosialisasi serta pemasaran jajanan kare-kare

Pringgarata 2023, kare-kare adalah salah satu jajan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula aren, jajanan kare-kare ini cukup digemari oleh beberapa kalangan, jajan tradisional kare-kare ini kerap kali di sajikan pada acara adat di lombok, salah satunya di acara merarik, begawe dan lain sebagainnya.

Peminat jajan kare-kare cukup banyak pada kalangan masyarakat, dan mereka masyarakat tidak segan-segan dalam hal pembelian kare-kare dalam sebuah acara besar, seperti yang dikatakan ibu Muhaimin salah satu umkm kare-kare " pembelian kare-kare bisa sampai 200 pcs perhari apabila ada acara adat, terutama acara merarik (pernikahan)" 

Terkait hal ini, kami datang dengan mendorong perkembangan umkm kare-kare melalui pemasaran digitalisasi dan perbaruan kemasan. Pemasaran melalui digitalisasi cukup memudahkan pembelian produk dan juga dalam hal pemasaran secara digital dapat lebih mengkoordinir pesanan yg masuk. Perbaruan kemasan produk ini juga agar para konsumen lebih tertarik dan produk lebih terlihat cantik untuk diperjual belikan.

survei pembuatan jajan kare-kare

Selain itu, untuk memberi kesan penasaran pada konsumen serta agar konsumen tertarik untuk mencoba produk ini, kami memberi nama produk kami dengan nama "Kare-Kare Nice " jajan kare-kare yang di kemas dengan packaging baru dijual seharga Rp 10.000 dengan 4 buah kare-kare di satu kemasan tersebut. Sedangkan harga jual sebelum packaging yang baru dijual oleh ibu Muhaimin dengan harga Rp 1000 per pcs. 

kemasan lama

kemasan baru

Pengembangan produk dan pemasaran kare-kare ini bertujuan untuk mengangkat nilai jual serta memperluas segmen pemasaran melalui digitalisasi, pemasaran dilakukan dengan cara memperbaiki kemasan dan perubahan metode pemasaran. Dalam upaya peningkatan pemasaran jajan kare-kare, kami KKN-PMD UNRAM membantu menyusun strategi untuk mengoptimalkan proses pemesanan dan pemasaran melalui akun media berupa Instagram official KKN Desa Pringgarata, melalui WhatsApp, dan Facebook.  

 Pengembangan pemasaran dengan metode pemasaran digitalisasi dan perbaruan kemasan, jajan kare-kare ini cukup banyak diminati oleh teman-teman yang berdomisili di Mataram, dalam pemasaran ini kami melakukan cash on delivery (COD ) untuk pemesanan di sekitaran Lombok Tengah dan Mataram. 

cash on delivery (COD) jajan kare-kare

Hingga saat ini terhitung terjual sekitar 65 jajanan kare-kare dengan pengemasan baru, apabila dihitung per pcs maka yang terjual 260 pcs kare-kare untuk batch 1 dan 2. Dan saat ini kami membuka Batch ke-3 untuk penjualan kare-kare dengan kemasan baru bagi teman-teman yang belum berkesempatan mencicipi, pantau terus kkndesapringgarata23 dan akam diarahkan ke WhatsApp untuk pemesanan lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline