Lihat ke Halaman Asli

Nanda Elvira

Masih kuliah. Definisi kuliah, ngulang segan masuk kelas tak mau.

Kebijakan Kesehatan di Rumah Sakit yang Kurang Efektif terhadap Pasien

Diperbarui: 3 April 2022   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kebijakan Kesehatan adalah sekumpulan tim medis yang dibuat pemerintah berhubungan dengan kesehatan pasien. Kebijakan Kesehatan bertujuan untuk  meningkatkan derajat kesehatan pasien yang optimal. Tim medis memiliki hak yang penuh dalam memberikan kesehatan  selama di rumah sakit. Perawat harus melayani pasien dengan baik sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. 

Perawat adalah bagian yang paling utama dari pelayanan kesehatan yang telah diberikan kepada pasien. Perawat memenuhi tim medis yang jumlah tenaga kesehatan terbesar dirumah sakit dalam pelayanan kesehatan selama dirumah sakit harus memberi konsisten selama 24 jam. 

Profesi perawat yang berperan memberikan pelayanan kesehatan menjadi tanggungjawab perawat untuk memberikan kebijakan yang terbaik didalam rumah sakit agar perawat dapat mengetahui rumusan masalah yang dialami pasien.

Masyarakat mempunyai banyak pendapat tentang layanan yang diberikan perawatan inap yang diberi di rumah sakit sebagai alternatif pertama. Perawat sebagai salah satu tenaga kerja kesehatan yang bertanggungjawab penuh dalam pemberian pelayanan atau penerapan yang bijak dimana perawat bertujuan untuk menciptakan kesehatan terhadap pasien yang berada di rumah sakit. Jika pelaksanaan kebijakan kesehatan yang diberikan kepada pasien berjalan dengan baik maka perawatn akan lebih baik dari sebelumnya.

Dalam melaksanakan kebijakan kesehatan, perawat harus mampu memilih suatu kegiatan yang mampu memilih suatu kegiatan yang mampu membuat perubahan bagi suatu masalah yang dialami oleh pasien. 

Dalam kegiatatn itu pentingnya kebijakan dimana sisi yang paling dekat dengan masyarakat dari sebuah kebijakan dengan objek dari kebijakan lainnya. 

Sebaik apapun kebijakan yang diberikan dari ide, konsep, agenda harus di pertimbangkan oleh kebijakan itu sendiri karena rumah sakit harus memiliki kebijakan yang akurat dalam memberi pelayanan kesehatan yang baik kepada pasien. Intinya Kebijakan yang dibuat dirumah sakit harus mempunyai standar yang akurat. 

Misalnya, pasien mengalami masalah kesehatan yang berat sehingga membuat mental pasien tidak tenang atau stress, dari sinilah kebijakan rumah sakit harus menunjukkan sikap simpatinya. Harus memberikan pelayanan yang optimal agar pasien itu dapat menikmati hidup yang sehat dan bisa menjalankan aktivitasnya kembali tanpa merasakan sakit yang dialami lagi.

Rumah sakit bagian dari sistem pelayanan kesehatan secara garis besar memberikan pelayanan untuk melayani berupa pelayanan kesehatan yang mencakup pelayanan medis, rehabilitasi medik, dan pelayanan perawatan. 

Pelayanan tersebutu dilaksanakan melalui Unit Gawat Darurat (UGD), Unit Rawat Jalan (URJ), dan Unit Rawat Inap (URI). Sasaran pelayanan kesehatan rumah sakit bukan hanya untuk individu pasien tetapi juga untuk keluarga pasien, dan masyarakat umum lainnya sehingga dapat mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat.

Bukan saja perawat, tetapi pasien juga berperan besar disini yang mana kepuasan pasien dalam mendapatkan layanan merupakan salah satu indicator yang sangat digunakan sebagai pencitraan awal rumah sakit, apakah rumah sakit tersebut telah memberikan pelayanan yang baik kepada pasiennya atau tidak. Seperti salah satu rumah sakit daerah yang ada di Banda Aceh yaitu RSUDZA. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline