Perkembangan dunia digital menjadi salah satu faktor pendorong berkembangnya ekosistem e-commerce. Aktivitas belanja digital (online shopping) sudah menjadi budaya baru di masyarakat modern saat ini. Situasi ini tidak hanya berdampak pada produsen, penjual, dan konsumen, tetapi juga perusahaan ekspedisi yang berperan sebagai perantara dan perantara yang mendukung kelangsungan transaksi antara pembeli dan penjual.
Melihat potensi yang sangat besar dalam bisnis e-commerce, diharapkan perusahaan-perusahaan lokal dapat memanfaatkan potensi tersebut dan menjadi tuan rumah di negaranya. Dan hal itulah yang dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman dan logistik JNE. Dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce, JNE semakin memperluas peluangnya untuk berkontribusi dalam proses pengiriman.
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir biasa dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia yang masih tetap konsisten dan terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam berkarya dan berinovasi memberikan pelayanan bagi negeri, berkat koneksi dan daya jangkau area distribusinya yang mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk di dalamnya kabupaten, desa dan pulau-pulau terluar, dengan berbagai gerai penjualan yang lebih dari 8.000 titik dan sudah membuka lapangan kerja yang cukup dengan mempekerjakan lebih dari 5.000 karyawan di seluruh Indonesia.
Sejak didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh mendiang Founding Father Bapak H. Soeprapto Soeparno, JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan perekonomian bangsa dan negara.
Hal ini akan diimplementasikan dalam berbagai langkah bisnis, sesuai dengan slogan "Connecting Happiness", agar bangsa dan negara dapat terus berkembang menuju Indonesia Maju dan terus menjalin kerja sama dengan UMKM, nasabah dan mitra untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.
Usia yang memasuki 33 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membangun, berkembang, konsisten serta meningkatkan pelayanan dan kontribusi sepenuh hati bagi negeri. Setelah melampaui tiga dekade perjalanannya, JNE kini telah mempunyai 50.000 Ksatria dan Srikandi---panggilan bagi karyawan JNE---dari beragam latar belakang serta didukung lebih dari 8.000 koneksi di seluruh Indonesia.
Di tengah usianya yang semakin matang JNE mengusung tema 'Gass Terus Semangatnya' menyajikan optimisme untuk menyatukan kebersamaan serta memberikan makna dan pesan kekuatan untuk selalu memberikan dampak yang bermanfaat bagi negeri serta mengajak masyarakat, pelanggan, mitra serta para pemangku kepentingan untuk terus berkarya dan konsisten dalam berinovasi dalam berbagai program kolaborasi untuk berkontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara.
JNE Konsisten dalam Berinovasi
Pada kurun waktu beberapa tahun terakhir JNE telah berupaya memberikan kontribusi dan peran aktif yang optimal dalam berbagai sektor lini interaksi kehidupan seperti program kepedulian JNE terhadap masalah kemanusiaan yang terjadi di tanah Palestina akibat perang, semua karyawan dan keluarga besar JNE memberikan donasi sebesar Rp 673,7 juta yang telah disalurkan melalui Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta.
Konsistensi kepeduliaan JNE terhadap isu kemanusiaan terus-menerus dilakukan seperti yang dilakukan oleh kawan-kawan JNE Cabang Utama Kupang dan JNE Cabang Maumere yang telah mendistribusikan bantuan untuk pengungsi korban bencana letusan Gunung Lewotobi.