Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Sayang pada Diri Sendiri

Diperbarui: 10 Mei 2017   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Semua orang memiliki sifat dasar penyayang dan itu sangat wajar. Namun yang salah adalah ketika sifat penyayang kita dimanfaatkan oleh orang lain. Dan kita tidak sadar dan mau menuruti saja apa kata mereka.

Kesalahan yang banyak dilakukan seorang pria adalah mereka lebih menyayangi wanita daripada dirinya sendiri. Sehingga yang terjadi adalah, karena sayang pria banyak melakukan pengorbanan.

Yang terpenting justru kamu harus menyayangi dirimu sendiri baru orang lain. Dirimu harus didahulukan lebih dulu dan orang lain nanti.

Kalau hidupmu saja masih susah bagaimana caranya membantu orang lain? Jadi, jangan memberi apa yang tidak kamu punya dan jangan membantu jika kamu sendiri tidak bisa melakukannya.

Jangan sampai kamu menyiksa dengan memaksakan diri dan mendahulukan orang lain. Karena jika orang lain atau wanita memintamu untuk lebih sayang kepadanya daripada dirimu sendiri, lebih baik kamu tinggalkan saja.

Kebanyakan orang berpikir jika pergi itu berarti tidak peduli. Tapi justru adalah kebalikannya, karena kamu akan mengajarkan pada mereka untuk mandiri.

Kamu lebih peduli dan sayang pada mereka karena dengan kepergianmu dia akan belajar untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri. Mereka akan mencoba belajar tidak tergantung pada orang lain.

Lebih baik kamu dibenci oleh mereka karena benar daripada kamu selalu dimanfaatkan karena kebodohanmu.

Kamu bisa membantu hanya dalam batas kemampuanmu dan pada saat kamu ingin saja. Bukan karena terpaksa dengan alasan sayang yang sebenarnya kamu takut kehilangan dan dijauhi.

Sayang yang sebenarnya adalah membantunya keluar dari zona nyaman. Dan hal itu dilakukan bukan dengan cara memaksa melainkan pergi meninggalkannya agar tidak bergantung pada dirimu.

Sayangilah dirimu melebihi siapapun, sehingga karaktermu akan lebih kuat dan berkembang. Tugasmu hanyalah membantu sebatas yang kamu mampu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline