Lihat ke Halaman Asli

Berikut Membuat Resep Dasar Es Krim Gelato

Diperbarui: 10 Januari 2022   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ice Cream (Sumber Gambar: yahoo)

Kalian pasti sudah biasa dong jumpa dengan makanan manis ini, yapp betul "ice cream". Makanan atau cemilan ini biasa kita temui di supermarket, abang es krim jualan keliling, warung, restoran dan hampir disetiap tempat selalu ada yang menjualnya. Es krim sudah menjadi makanan favorit dari anak anak hingga orang dewasa, karena rasanya yang manis dan memiliki sensasi dingin.  

Tapi kalian tau ngga sih? Kalo es krim tuh banyak jenisnya lhoo. Es krim yang sering kita beli di toko es krim hingga restoran cepat saji, itu bernama Soft Serve. Soft Serve ini memiliki tekstur yang lebut dan halus karena memiliki kandungan udara yang lebih banyak dibandingkan es krim jenis lain. 

Makanya Soft Serve ini cocok bgt dimakan bersamaan dengan cone es krim. Selain itu, jenis es krim yang populer lainnya ada popsicle, sundae, sorbet, dan gelato. Nah di artikel ini, ingin dijelaskan lebih banyak tentang Gelato.

Gelato, es krim jenis ini berasal dari Italia. Kata gelato sendiri berasal dari Bahasa Italia yaitu "gelare" yang artinya beku. Perbedaan antara gelato dengan es krim yang sering kita temui ialah di teksturnya. Tekstur gelato lebih padat, lebih lembut dan lebih mudah meleleh bila terkena panas. Hal itu karena gelato dibuat lebih sedikit udara dan lebih sedikit krim atau lemak di bandingkan dengan es krim pada umumnya.

 Mesin Gelato (Sumber Gambar: yahoo)

Saat membuat gelato, kita membuat resep dasar atau plain base terlebih dahulu lalu ditambahkan rasa atau topping sesuai selera kita. Nah membuat gelato ini membutuhkan mesin khusus, bukan seperti mesin es krim yang sering kita lihat. Perbedaan antara mesin es krim biasa dengan gelato yaitu pada mesin es krim ada wadah untuk mengelolah bubuk es krim dan mengaduknya, dan dilengkapi valve didepan mesinnya. Sedangkan mesin gelato hanya memiliki wadah untuk menaruh adonan dan mengaduknya tanpa valve didepan mesinnya. Lalu pengaduk gelato lebih lambat daripada pengadung es krim biasa. Dari mesin tersebut membuat tekstur gelato berbeda dengan es krim biasa.

Berikut resep dasar atau plain base gelato:

Bahan bahan :

  • 2 Cup Susu Putih full cream
  • 1 Cup Whipping Cream cair
  • 4 Kuning Telur
  • 2/3 Cup Gula

Langkah -- Langkah :

  • Masukan susu putih dan whipping cream kedalam panci lalu nyalakan kompornya. Masak dan aduk terus sampai muncul asap dan gelembung gelembung kecil. Lalu tunggu sampai susu dan whipping creamnya bersuhu 170F.
  • Sementara sambil menunggu, masukan gula dan kuning telur kedalam mangkok lalu aduk hingga menjadi berwarna kuning muda.
  • Jika susu putih tadi sudah sampai bersuhu 170F, angkat panci tersebut lalu masukan susu putihnya kedalam mangkok berisi gula dan kuning telur yang telah diaduk tadi, sedikit demi sedikit. Setelah itu aduk hingga semuanya tercampur rata.
  • Jika sudah tercampur hingga rata, lalu masukan kedalam panci dan dimasak lagi. Adonan tersebut diaduk sampai kental dan bersuhu 185F. Adonan tersebut jangan dimasak sampai mendidih.
  • Lalu jika sudah bersuhu 185F, matikan kompor lalu tunggu sampai adonan tidak terlalu panas. Setelah itu masukan dan saring kedalam wadah yang di bawah wadah tersebut, ada wadah berisi es batu dan air. Lalu tunggu adonan sampai dingin di dalam wadah tersebut.
  • Setelah itu masukan kedalam wadah yang terdapat tutup diatasnya, dan masukan kedalam kulkas selama 4 jam atau semalaman. Maka plain base gelato telah jadi dan dapat digunakan. 

Plain base atau resep dasar ini hanyalah adonan sebelum dimasukan rasa dan sebelum di aduk oleh mesin gelato. Plain base ini bisa menjadi es krim rasa vanilla jika kalian tambahkan extra vanili atau menjadi rasa cookies n cream saat tekstur gelato sudah padat didalam mesin, kalian memasukan kue kue yang telah diancurkan ke dalam gelato tersebut. Membuat gelato memang lebih susah dibandingkan membuat es krim biasa, karena saat membuat gelato kita menjaga agar hasil tekstur gelato tersebut dapat padat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline