Lihat ke Halaman Asli

Nanda Zakiyatul Aulia

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Sering Insomnia Ketika Tidur? Berikut Penanganan Insomnia Secara Alami

Diperbarui: 13 Juni 2023   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Tidur merupakan fenomena yang lumrah terjadi dan salah satu kebutuhan seluruh  makhluk hidup utamanya manusia. Menurut berbagai penelitian tanpa tidur orang tidak akan mampu bertahan lama dan produktifitas pun akan berkurang. Jadi tidur itu sangat berpengaruh terhadap produktifitas kita sehari-hari, kesehatan otak, kestabilan emosi, keratifitas, vitalitas, hingga menjaga berat badan stabil.

Seberapa penting kita melakukan tidur ? selain yang telah disebutkan di atas tidur merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak dan membuang zat-zat berbahaya yang berada di tubuh kita. Kemudian pasti di benak para pembaca pernah terlintas pertanyaaan seperti ini, kenapa kita tidur di malam hari dan beraktifitas di pagi hari ? namun sebagian orang terkadang melakukan secara sebaliknya demi memenuhi nafkah keluarganya. Karena Tuhan yang maha bijaksana juga telah menganugrahkan malam untuk istirahat dan bangun di siang hari untuk beraktifitas. Seperti yang telah tercantum pada Q.S. Ar-Rum ayat 23 :

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ مَنَامُكُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاۤؤُكُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّسْمَعُوْنَ

Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Jika berbicara masalah tidur hampir semua ajaran agama samawi meyinggunya. Justru dari tidur ini tak jarang tokoh-tokoh dunia menemukan ide-ide cemerlang. Seperti halnya Imam Syafi’i beliau merupakan tokoh agamawan yang mampu memecahkan tujuh puuh dua persoalan fikih dalam tidurnya. Oleh karena itu tidur merupakan aktifitas yang sangat penting dengan kita melakukan aktifitas tidur yang cukup dan kualitas yang memadai maka pribadi kita akan merasa segar bugar disaat bangun tidur.

Dari uraian di atas mengenai tidur dapat di ambil kesimpulan bahwa tidur sangat penting bagi tubuh namun relitanya sebagian orang-orang masih banyak mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hipersomnia, tidur berjalan, Nightmare (mimpi buruk), Sleep terror (teror tidur). Salah satu gangguan tidur yang sering dialami sebagin manusia yaitu insomnia. Insmonia merupakan kondisi dimana diri kita merasa kesulitan untuk tidur atau membutuhkan selang waktu yang lama untuk mencapai proses tidur.

Insomnia memiki dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Perbedaan kedua jenis insomnia tersebut adalah keterkaitan dengan masalah kesehatan lain. Insomnia primer merupakan kondisi gangguan tidur yang tidak ada keterkaitan antara penyebab kesehatan lain, sedangkan pada insomnia sekunder  mucul akibat ada hubungan dengan persoalan kesehatan lain seperti depresi, asma, refluks asam lambung (GERD), dan lain sebagainya. Tanda-tanda insomnia yaitu susah untuk tidur atau tidur yang kurang nyenyak. Adapun keluhan-keluhan tersebut dapat menimbulkan adanya gejala lain, seperti halnya susah fokus dalam melakukan suatu aktifitas tertentu, lelah dan mengantuk di siang hari. Bagaimana cara mengatasi gangguan tidur insomnia? Berikut cara mengatasi insomnia secara alami, kiranya para pembaca dapat mengatasi insomnia tanpa peggunaan obat tidur.

  • Pergi tidur ketika tubuh lelah : Membaringkan tubuh di kasur ketika diri kita merasa benar-benar sangat lelah, karena kondisi fisik yang lelah akan membuat diri kita lebih cepat untuk tidur dengan lelap.
  • Pergunakan tempat tidur hanya untuk tidur : Pikiran kita harus terjaga bahwa tempat tidur hanya berfungsi untuk membaringkan tubuh untuk tidur, serta tanamkan pada diri kita jika seolah-olah tempat tidur merupakan tempat untuk bangun dan tidur.
  • Terapkan jam tidur yang teratur : dengan tidur yang teratur tubuh kita akan terbiasa untuk tidur nyenyak
  • Meditasi : Mengatasi insomnia selanjutnya dapat dilakukan secara meditasi, meditasi dalam hal ini merujuk pada pengistirahatan otak seteah kita menjalankan aktifitas yang panjang.
  • Rutin Olahraga : dengan rutin berolahraga akan melepaskan kortisol atau hormon stres yang dapat mengganggu pola tidur alami.
  • Mandi air hangat : Insomnia secara alami juga dapat dilakukan dengan cara mandi dengan air hangat, karena menurut beberapa penelitian mandi dengan air hangat dapat menjadikan badan lebih relaks dan cepat mengantuk.
  • Singkirkan ponsel dan gadget menjelang tidur : dengan kita menyingkirkan ponsel dan gadget pada jam tidur akan mengurangi risiko gangguan insomnia secara alami, karena cahaya yang di pancarkan dari ponsel bersifat merangsang otak dan dapat memberi dampak negatif pada jam tidur yaitu susah terlelap.
  • Matikan lampu : karena dengan kita mematikan lampu pada jam tidur dapat menjaga kualitas tidur, mengurangi depresi, menjaga kesehatan mata, dan tidur lebih bisa relaks.
  • Coba letakkan bantal di kaki : Sebagian orang terkadang penyebab insomnia yaitu nyeri pada punggung sehingga menggangggu ketenangan tidur kita. oleh karena itu cara mengatasi salah satunya dengan meletakkan bantal di antara kaki agar selaras dengan pinggul dan dapat mengurangi nyeri tersebut.
  • Konsumsi bahan makanan alami : dengan menjaga dan memperhatikan kandungan makanan yang kita konsumsi dapat mengatasi insomnia secara alami. Seperti mengonsumsi buah kiwi yang kaya akan melatonin, buah ceri, pisang, dan lain sebagainya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline