Lihat ke Halaman Asli

Aksi KKN-T Kelompok 39 UNIPMA Melakukan Edukasi Bela Negara di SDN Pajaran 02 Dusun Pepe

Diperbarui: 23 Februari 2022   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan Bela Negara tidak hanya dilakukan dikawasan perkotaan semata. Anak- anak dipedesaan di wilayah Dusun Pepe,Desa.Pajaran, Kecamatan.Saradan juga menjadi sassaran progam ini.

Wawasan kebangsaan dan bela Negara perlu diberikan secara dini kepada siswa-siswi  SD agar jiwa Nasionalisme tumbuh sejak dini. Materi yang diberikan adalah materi-materi ringan namun menunjang dan mampu menumbuhkan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia.

Mahasiswa KKN-T kelompok 39 dari Universitas PGRI Madiun memberikan pengenalan wawasan kebangsaan guna menumbuhkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme,yang dilakukan di SD N Pajaran 02. Dalam kegiatan yang dilakukan anak-anak diajarkan menyanyi lagu-agu Nasional, selain itu juga diajarkan materi mengenai symbol-simbol pancasila, penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan juga Mengenai perjuangan para pahlawan yang mampu dijadikan contoh untuk anak-anak.

Kegiatan ini dilakukan pada kegiatan belajar mengajar kelas 3,4,5 dan 6 di SD N Pajaran 02. Mahasiswa berperan sebagai fasilitator dan motivator untuk para siswa agar keiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan nya kami menggunakan metode dan pendekatan yang berbeda untuk setiap kelasnya.

Salah satu metode yang digunakan adalah dengan pengkodisian kelompok, dimana dalam satu kelas dibentuk menjadi 3 kelompok, setelah diberikan materi lalu diberikan tugas untuk setiap kelompok .kelompok yang berhasil menjawab dengan tepat dan cepat akan mendapat reward,sebaliknya kelompok yang paling terakhir menjawab akan mendapatkan punishment. Selain itu kita  juga melakukan berbagai permainan agar para siswa tidak mudah bosan .Metode tersebut dipilih guna menjaga kelas tetap kondusif dan siswa mampu bekerjasama dengan baik.

Kegiatan KKN-T Bela Negara ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme sejak dini pada siswa-siswa SDN Pajaran 02 melalui kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini juga diharapakan mampu membentuk siswa-siswa yang berkarakter dan mencintai Negaranya Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline