Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan setiap orang. Pendidikan tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membangun karakter dan membentuk nilai-nilai yang baik pada diri individu. Oleh karena itu, memasukkan nilai-nilai agama dalam pendidikan menjadi hal yang sangat penting, terutama di sekolah dasar. Nilai-nilai agama yang ditanamkan pada anak-anak di sekolah dasar akan membentuk dasar kehidupan yang baik dan membuat mereka menjadi individu yang berbudi pekerti luhur.
Namun, tidak semua nilai-nilai agama dapat diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak-anak di sekolah dasar. Maka dari itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai agama tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah melalui kegiatan observasi menggunakan media pembelajaran seperti e-book, miniatur tempat ibadah, dan video yang bermuatan nilai-nilai agama.
E-book adalah salah satu media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. E-book dapat berisi berbagai macam materi pembelajaran, mulai dari materi pelajaran hingga nilai-nilai agama. Dalam hal ini, e-book dapat menjadi sarana yang tepat untuk memuat nilai-nilai agama dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dalam e-book tersebut, nilai-nilai agama dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dalam hal ini, ebook dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi yang menarik, serta contoh-contoh yang dapat membantu anak-anak dalam memahami nilai-nilai agama tersebut.
Selain e-book, miniatur tempat ibadah juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah dasar. Miniatur tempat ibadah dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai agama, serta memperkenalkan anak-anak pada berbagai macam tempat ibadah. Dalam hal ini, miniatur tempat ibadah dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan anak-anak pada berbagai macam tempat ibadah yang ada di sekitar mereka. Dalam miniatur tersebut, anak-anak dapat melihat berbagai macam bangunan tempat ibadah, serta mempelajari berbagai macam nilai-nilai agama yang terkait dengan tempat ibadah tersebut.
Selain e-book dan miniatur tempat ibadah, video animasi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Video animasi dapat menarik perhatian anak-anak, serta membantu anak-anak dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah. Dalam hal ini, video animasi yang memuat nilai-nilai agama serta teori dan tokohnya dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai agama, serta memperkenalkan anak-anak pada tokoh-tokoh agama yang terkait dengan nilai-nilai tersebut. Dalam video animasi tersebut, anak-anak dapat melihat bagaimana nilai-nilai agama diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana tokoh-tokoh agama mempraktekkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka.
Respon anak ketika diajar menggunakan media pembelajaran yang dirancang oleh Alifia Putri N, Ferdian Hardi N, Miranda Pratiwi, dan Nanda Alyya R A berupa e-book, miniatur tempat ibadah, serta video animasi yang memuat nilai-nilai keagamaan :
Antusias
Anak-anak yang antusias akan sangat senang ketika diajarkan menggunakan media pembelajaran yang berbeda seperti e-book, miniatur tempat ibadah, serta video animasi. Mereka akan lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar, karena media tersebut memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.
Tertarik
Anak-anak yang tertarik pada nilai-nilai keagamaan akan sangat menyukai media pembelajaran tersebut, terutama jika media tersebut menampilkan nilai-nilai keagamaan yang sesuai dengan keyakinan mereka. Mereka akan lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran.