Generasi Z merupakan sebutan untuk orang-orang yang lahir dari tahun 1997-2012. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada sensus penduduk tahun 2020 ada 27,94% generasi Z dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.
Sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya atau yang lebih dikenal sebagai generasi milenial, generasi Z memiliki beberapa karakteristik tersendiri diantaranya sebagai berikut.
1. Hidup Serba Online
Sudah jelas bahwa pada masa sekarang teknologi berkembang dengan begitu pesat. Hampir segala sesuatu dilakukan secara online. Hiburan didapatkan secara online lewat media sosial, beli makanan secara online, transportasi online, ujian masuk universitas online, bahkan ada yang sampai pacaran online. Dengan perluasan akses jaringan internet turut melancarkan gaya hidup serban online ini.
2. Memiliki Goals dan Penuh Ambisi
Sejalan dengan kehidupan yang serba online, generasi Z juga memiliki pemikiran yang modern. Generasi ini selalu berpikir untuk maju dan mendapatkan kehidupan yang lebih efisien. Bahkan generasi Z sudah mempersiapkan rencana-rencana hidup yang akan dilaksanakan. Tanpa berpikiran "menurut saja pada takdir", generasi Z selalu memiliki ambisi dan goals masa depan.
3. Terus Melakukan Inovasi
Melalui kemajuan cara berpikir generasi ini terus melakukan inovasi-inovasi yang kian mendukung digitalisasi untuk kehidupan yang lebih efisien.
4. Ruang Lingkup Pertemanan yang Semakin Luas
Dengan adanya media sosial yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia sekarang, generasi Z jadi memiliki koneksi yang lebih luas. Generasi ini bisa menjalin pertemanan dengan orang lain yang berasal dari negara, suku, ras, dan agama manapun tanpa perlu bertemu secara langsung dengan orang tersebut. Generasi Z juga dikenal sebagai orang-orang yang memiliki toleransi yang tinggi.