Lihat ke Halaman Asli

Nanda ApriliaCahya

Mahasiswa pendidikan bahas inggris

Mahasiswa UNUHA Lakukan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Diperbarui: 3 Januari 2023   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama kelas VII-I MTs Nurul Huda Sukaraja/dokpri

Kamis, 15 Desember 2022 Mahasiswa Universitas Nurul Huda (UNUHA) melaksanakan implementasi di MTs Nurul Huda, tepatnya di Jl.Kota Baru, Desa Sukaraja, Kec. Buay Madang Madang, Kab. OKU Timur. Implementasi ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester III, yang merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Teaching and Learning Program dengan dosen pengampu Miss Nia Kurniati,M.pd.

Implementasi dilakukan oleh kelompok 6 yang beranggotakan 2 mahasiswa yaitu Dzela Kartika Ayuningtyas dan Nanda Aprilia Cahya Dantia. Implementasi ini merupakan salah satu proses kegiatan pembelajaran di luar kelas area kampus bagi mahasiswa, yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan mengembangkan skill mahasiswa.

Implementasi dilaksanakan tepatnya di Kelas VII-I dengan jumlah siswa sebanyak 14 anak, yakni 5 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Mahasiswa melakukan implementasi ini pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi berjudul "Telling Time", yang sudah diberi izin oleh pihak sekolah dan guru mata pelajaran yakni Mrs.Ambar Devita Sari,S.pd.

Dosen pengampu mata kuliah Teaching and Learning Program Miss Nia Kurniati, M.pd menjelaskan bahwa "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa, agar mahasiswa dapat mengetahui metode dan teknik apa yang efektif untuk diaplikasikan kepada peserta didik, selain itu mahasiswa juga mampu memilih dan menggunakan media pembelajaran seperti apa yang membuat peserta didik lebih interaktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih mental para mahasiswa ketika mereka praktik mengajar langsung didepan peserta didik sebelum mereka benar-benar menjadi guru profesional."

Salah satu anggota kelompok, yaitu Nanda Aprilia menyampaikan "Demi memaksimalkan proses implementasi ini, mahasiswa telah menyiapkan  media pembelajaran berbasis teknologi, yakni berupa Microsoft Power Point yang digunakan dalam menjelaskan materi pelajaran kepada siswa dan membuat kuis pertanyaan dengan website www.wodwall.com yang nantinya digunakan pada sesi cerdas cermat untuk mengetes pemahaman setiap siswa."

Proses pembelajaran menggunakan media berbasis teknlogi/dokpri

"Proses belajar berlangsung dengan baik dan menyenangkan, dalam penjelasan materi siswa sangat tanggap dalam memahami seluruh materi yang diberikan oleh mahasiswa walaupun ada beberapa siswa yang kurang paham, akan tetapi saat dijelaskan kembali dan dibuka sesi tanya jawab semua siswa ikut serta dan mulai paham sedikit demi sedikit. Ketika sesi cerdas cermat, peserta didik juga antusias untuk menjawab soal dan berlomba-lomba untuk menang." Ujar anggota kelompok Dzela Kartika Ayuningtyas.

Mrs. Ambar Devita Sari sebagai guru pengampu mata pelajaran bahasa inggris di MTs Nurul Huda menambahkan "Kegiatan implementasi menggunakan media berbasis teknologi ini memberikan dampak positif yang luar biasa. Mahasiswa mengenalkan media pembelajaran baru yang membuat peserta didik penasaran dan semangat untuk belajar. Apalagi di era yang serba teknologi ini, setidaknya siswa mengetahui sedikit demi sedikit tentang teknologi agar tidak tertinggal oleh zaman. "

Dengan diadakannya kegiatan implementasi ini, mahasiswa dituntut sekreatif mungkin untuk menciptakan metode dan media pembelajaran. Sehingga metode dan media yang diterapkan dapat menarik minat dan motivasi siswa dalam belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline