Lihat ke Halaman Asli

Nanda Inb

Content Writer

6 Tips Memotivasi Diri agar Tidak Larut dalam Kegagalan, Wajib Simak!

Diperbarui: 11 Januari 2024   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Pexels/Brett Jordan

Hidup kadang kala berjalan tak sesuai harapan. Ekspektasi yang tadinya sudah terbayang harus rela dijatuhkan oleh realita kehidupan. Wajar jika hal tersebut membuat seseorang merasa down dan kehilangan semangat. Namun, bukan berarti jika mengalami kegagalan maka akan gagal selamanya. Kegagalan sejatinya hanyalah cara untuk melihat kesungguhan dan kegigihan seseorang. Tidak peduli sebanyak apapun kegagalan menghampiri, jika rasa semangatnya masih membara, maka seseorang akan pantang menyerah. Namun, memotivasi diri agar selalu semangat juga susah-susah gampang. Oleh karena itu, berikut ini 6 tips memotivasi diri agar tidak larut dalam kegagalan.

1. Selalu Berpikir Positif

Berpikiran positif adalah cara ampuh untuk mengentaskan seseorang dari perasaan terpuruk. Orang yang selalu berpikiran positif akan selalu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang positif. Walaupun kegagalan menghampiri, tetapi jika seseorang memiliki mindset yang baik, maka dirinya akan memandang itu sebagai alasan untuk kembali berjuang. Dirinya tidak akan sibuk menyalahkan keadaan, justru hal itu dapat menjadi pemicu semangatnya untuk kembali belajar dan melakukan yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Temukan Tujuan 

Menemukan tujuan dalam melakukan sesuatu merupakan salah satu faktor seseorang ingin selalu melakukan suatu hal hingga berhasil mencapai tujuannya. Seseorang yang sudah tahu tujuan yang ingin dicapai cenderung tidak akan mudah menyerah, apalagi jika itu menyangkut impiannya. Kegagalan bukanlah penghalang baginya untuk terus memperjuangkan impian itu.

3. Menyusun Rencana Sebaik Mungkin

Setelah mengetahui tujuan melakukan sesuatu, maka langkah selanjutnya adalah merealisasikannya. Merealisasikan hal tersebut bisa dengan menyusun rencana ke depan dengan sebaik-baiknya. Tidak harus langsung melakukan langakah yang besar, tetapi lakukan dari langkah kecil terlebih dahulu. Setelah itu tentukan target apa yang ingin kamu capai dengan langkah tersebut. Jika sudah memiliki target, jagalah itu agar tetap konsisten melangkah.

 4. Konsisten 

Konsisten merupakan salah satu kunci keberhasilan. Orang yang mampu konsisten memiliki peluang sukses lebih besar daripada orang yang melakukan sesuatu bergantung mood. Layaknya mengayuh sepeda, jika terus konsisten mengayuh maka suatu saat pasti akan sampai di tujuan. Walaupun melelahkan dan tak jarang menemui kejenuhan, tetapi kekonsistenan akan mengantarkanmu pada tujuan yang selama ini kamu impikan.

5. Memberi Hadiah untuk Diri Sendiri

Self reward adalah sebuah apresiasi untuk diri sendiri. Sering kali seseorang disibukkan dengan hadiah untuk orang lain, tetapi sebenarnya ada seseorang yang seharusnya diberi hadiah terlebih dahulu. Orang itu adalah diri sendiri, seseorang yang selalu menemani di saat terpuruk, lelah, sakit, dan selalu mau di ajak berjuang bersama-sama, tetapi justru sering terlupakan. Memberi hadiah untuk diri sendiri merupakan bentuk menghargai dan merayakan diri sendiri. Oleh karena itu, berilah hadiah untuk diri sendiri ketika kamu merasa hal itu layak untuk dirayakan.

6. Menulis Kalimat Penyemangat

Membuat catatan kecil yang berisi kalimat-kalimat motivasi merupakan hal yang dapat kamu lakukan agar selalu mengingat tujuan yang ingin kamu capai. Kalimat motivasi selalu dapat diandalkan saat diri sendiri mulai merasa malas dan down karena berbagai alasan. Memiliki seorang support system adalah sebuah keberuntungan, tetapi tidak semua orang beruntung memilikinya. Oleh sebab itu, kalimat-kalimat motivasi yang biasanya ditempel di tembok kamar atau meja belajar adalah support system yang akan selalu setia mengingatkanmu pada tujuan-tujuanmu.

Itulah 6 tips memotivasi diri agar tidak larut dalam kegagalan. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu kamu untuk selalu semangat memperjuangkan impian-impianmu, ya. Meraih impian memang bukan hal yang mudah, tetapi tidak ada yang mustahil jika mau berusaha memperjuangkannya. Tetap semangat dan jangan menyerah!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline