Lihat ke Halaman Asli

Beberapa Manfaat Dari Minyak Kelapa

Diperbarui: 7 Januari 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kemampuan pohon kelapa untuk menghasilkan minyak merupakan salah satu dari sekian banyak keunggulannya. Selain itu, minyak kelapa dianggap bermanfaat bagi tubuh, jantung, dan mulut. Minyak kelapa dibuat dari biji kelapa. Minyak ini memiliki banyak keunggulan karena kandungan proteinnya yang tinggi dengan sifat antioksidan dan asam lemak tak jenuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak kelapa:

1. Bisa Membuat Rambut Berkilau

Beberapa orang percaya bahwa menggunakan minyak kelapa pada rambut mereka akan membuatnya lebih bersinar dan tidak mudah rusak. Dalam hal penyerapan ke kulit kepala, minyak ini dianggap lebih unggul dari minyak mineral. Namun, minyak kelapa tampaknya bermanfaat untuk beberapa jenis rambut, tetapi tidak untuk jenis rambut lainnya. Tentu saja, mencoba baik-baik saja. Namun, Anda harus memutuskan apakah perawatan dengan minyak kelapa tepat untuk jenis rambut Anda.

2. Dapat Melembabkan Kulit Tubuh

Minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik untuk tangan, siku, dan kaki Anda. Anda juga dapat menggunakan minyak ini untuk menghidrasi wajah Anda jika Anda memiliki kulit kering. Minyak kelapa memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, bahan ini bisa digunakan untuk memperbaiki tumit pecah-pecah. Sebelum tidur, Anda bisa melakukan perawatan ini dengan mengenakan kaus kaki dan mengoleskan minyak kelapa pada tumit. Lakukan ini berulang kali hingga tumit halus.

3. Bisa Menurunkan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa minyak kelapa dapat menurunkan berat badan. Yang satu ini, minyak kelapa diduga berasal dari MCT, komponen tertentu. Komponen ini dianggap langsung mengubah lemak minyak kelapa menjadi energi, mencegah penumpukannya di dalam tubuh terlalu lama. Namun bukan berarti minyak kelapa hanya bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Untuk mencapai keseimbangan, Anda tetap perlu makan dengan baik dan berolahraga secara teratur.

4. Dapat Mencegah Diabetes

Minyak kelapa juga dapat membantu memerangi resistensi insulin dan obesitas sebagai strategi pencegahan diabetes. Karena itu, diabetes bisa dihindari. Oleh karena itu, mengontrol diabetes dan kadar glukosa dengan minyak kelapa sangat bermanfaat.

5. Dapat Membantu Dalam Pengobatan Penyakit Alzheimer.

Pasien dengan penyakit Alzheimer akan sangat menderita karenanya. Saat minyak kelapa digunakan, fungsi otak akan meningkat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline