Lihat ke Halaman Asli

Persiapan Barang

Diperbarui: 30 Mei 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Persiapan adalah persediaan atau perlengkapan suatu barang agar mampu melaksanakan perbuatan belajar dengan baik, anak perlu memiliki persiapan, baik itu kesiapan fisik, psikis, maupun persiapan yang berupa kematangan untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan pengalaman belajar.

Barang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha biasa, dalam proses produksi untuk penjualan tersebut, dalam bentuk bahan atau perlengkapan untuk digunakan proses produksi atau pemberian jasa. Barang ekonomi merupakan barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia namun dengan jumlah terbatas.

Kata terbatas ini mengacu terhadap jumlah barang lebih sedikit daripada banyaknya jumlah yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena keterbatasan ketersediaan barang tersebut menjadikan manusia akan melakukan sebuah pengorbanan untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

Setidaknya ada tiga jenis persediaan yang umum dikenal, yakni barang setengah jadi, bahan baku dan barang jadi. Persediaan dikategorikan sebagai aset lancar pada neraca perusahaan

Berikut adalah faktor faktor  yang gemenaruhi persediaan bahan antara lain hart, perkiraan pemakaian bahan baku, biaa biaya persediaan, pemakaian bahan baku, waktu tunggu, model pembelian bahan baku, kebijakan pembelanjaan, pembelian kembali, pemakaian senyatanya, da persediaan pengaman.

Dari penjelasan tersebut dijelaskan bahwa fungsi persiapan pada dasarnya ada pengadaan bahan baku produksi guna memenuhi kebutuhan bahan mentah atau setengah jadi yang akan diproses dalam kegiatan produksi dalam pemenuhan permintaan pelanggan.

Tujuan utama dari perusahaan adalah untuk menyiapkan persediaan untuk mempermudah atau memperlancar operasional perusahaan baik produksi maupun penjualan. Sehingga apa yang direncanakan dan ditargetkan dapat tercapai tanpa kendala yang disebabkan oleh kurangnya suatu barang.

Ada lima cara yang tepat dan efektif untuk mengelola manajemen persediaan di antaranya adalah susun perencanaan, ketahui sistem persediaan, buat SOP yang matang, jadwal persediaan dan rincian anggaran.

Sekian adalah cara cara persiapan barang dalam hal ekonomi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline