Lihat ke Halaman Asli

NANA SURYANA ALJOE

Dosen IAILM Suryalaya Tasikmalaya

Karakter Sufistik di Prodi PGMI Suryalaya Tasikmalaya

Diperbarui: 30 Juli 2023   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumhttps://kbbi.lektur.id/sufistikber gambar

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) salah satu program studi yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya berada di wilayah Tasik Utara yang masuk wilayah kecamatan Pagerageung Desa Tanjungkerta.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari Pontren Suryalaya yang memiliki distingsi pusat mengembangan dan pengamalan salah satu tarekat besar yaitu Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah atau di kenal TQN Pontren Suryalaya, Prodi PGMI IAILM pun menurunkan distingsi tersebut kedalam bentuk visi yaitu PGMI IAILM Suryalaya berkarakter SUFISTIK. 

Dalam term tasawuf kata sufistik ini menjadi kata sifat dari para pengamal tasawuf (sufism), dimana para sufi tersebut memiliki hati dan jiwa yang bersih dan baik sebagai dampak pengamalan dari amaliah tarekatnya.  Bertemali dengan sifat para sufi tersebut, SUFISTIK pada visi PGMI IAILM Suryalaya merupakan akronim yang sarat dengan nilai, sifat, dan jiwa para sufi.

SUFISTIK dalam hal ini dimaknai bahwa sarjana lulusan PGMI IAILM Suryalaya harus berjiwa Spiritual, Utilitas, Futuristik, Integritas, Salik, Tawasut, dan Khidmat.  Guna mewujudkan karakter SUFISTIK tersebut, mahasiswa PGMI IAILM Suryalaya dibekali bukan hanya ilmu pengetahuan tentang Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiayah Pontren Suryalaya tetapi dibimbing menjadi pengamal amalan TQN Pontren Suryalaya. Hal ini sejalan dengan motto Pontren Suryalaya, Ilmu Amaliah Amal Ilmiah (llmu harus diamalkan, amal harus dilandasi dengan ilmu).

Di Prodi PGMI IAILM Suryalaya semua mahasiswa wajib mengambil mata kuliah tasawuf dan kesuryalaya sebanyak 6 SKS. Selain itu pada saat menjelang ujian akhir (skripsi) mahasiswa akan diuji kembali materi tentang tasawuf dan kesuryalaya pada ujian komprehensif dengan bobot 2 SKS. Itulah distnigsi keunggulan Prodi PGMI IAILM Suryalaya Tasikmalaya. Apakah anda tertarik untuk berbagung?





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline