Lihat ke Halaman Asli

Nana Marcecilia

TERVERIFIKASI

Menikmati berjalannya waktu

Supaya Tidak Kecewa dengan Barang Olshop Harga Murah Meriah

Diperbarui: 3 Juni 2019   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

uniqpost.com

Dewasa ini jual beli online shop seperti menjadi wabah, bahkan banyak juga toko-toko konvensional yang beralih menjadi online shop agar masih bisa eksis di dunia perdagangan. Dua marketplace yang saat ini sedang digandrungi di Indonesia, yakni Shopee dan Tokopedia. Rating mereka cukup tinggi dibandingkan marketplace lainnya 

Beberapa hari ini, saya sedang senang melihat produk-produk di Shopee, mungkin bawaan musim awal bulan dan THR sudah turun, rasanya pengen membeli barang-barang yang selama ini saya inginkan. 

Ada beberapa online shop (olshop) yang review para buyer-nya membuat saya tergelitik. Harganya sangat murah sekali dibandingkan harga pasaran, dan  setelah barangnya datang, merasa kecewa sekali. Satu sisi, saya bersimpati karena saya pernah mengalami hal tersebut. Satu sisi saya pikir itu menjadi pelajaran bagi kita agar menjadi smart buyer

Ada tiga contoh olshop yang review-review-nya cukup membuat saya bersimpati pada pihak buyer dan seller

Pertama, produk kosmetik.

Saya tidak akan menyebut nama olshop ini, karena rasanya kurang etis. Olshop ini menjual produk-produk bermerk, seperti Maybelline, Make Over, Pixy dan sebagainya. Harganya pun dibawah harga pasaran, bahkan setelah saya cross check  web resmi para produk ini yang sedang diskon, harga olshop ini masih lebih murah.

Yaa.. mungkin saja olshop ini adalah distributornya atau bisa juga dapat dari kualitas reject. Dan saya mulai bergerilya di review para buyer.

Saya lebih senang pertama kali itu yang saya baca review yang rating satu, sehingga saya bisa menilai produknya itu bisa sesuai tidak seperti yang saya harapkan. Dan review olshop ini, antara lain "produk tidak ori", "pesennya apa, dianternya apa", "lip cream-nya creamy banget, ga sesuai aslinya", "aah... nyesel beli disini, mendingan beli di Matahari, beda dikit harganya", dan sebagainya. 

Kedua, kamera.

Kamera ini tidak jelas merknya apa, tapi dibanderol sekitar harga Rp 345.000. Di fotonya sudah terpampang jelas pada lensanya kalau kamera tersebut 16 Megapixel, namun di caption-nya tertulis 24 MP. Agak lucu juga melihatnya, spesifikasinya pun kurang lebih bagus juga, dan bentuk kameranya sendiri seperti Canon.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline