Lihat ke Halaman Asli

Nabilah FJ

Mahasiswa

SDN Sulung, Sekolah Dasar Dibalik Kehidupan Keluarga Bung Karno

Diperbarui: 26 September 2023   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: dok. pribadi

Surabaya, yang disebut juga dengan Kota Pahlawan memang memiliki banyak hal menarik dan bersejarah. Salah satu tempat bersejarah yang mungkin kurang dikenal oleh masyarakat luas adalah sebuah sekolah dasar yang berada di pusat Kota Surabaya saat ini.

Hollandsch Inlandsche School Soeloeng atau yang sekarang dikenal dengan SDN Sulung terletak di Jl. Sulung Sekolahan No. 1, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Sekolah ini sempat beberapa kali mengalami perubahan nama antara lain Inlandsche School, Hollandsch Inlandsche School, SR Sulung, SD Sulung, dan SDN Alun-alun Contong. 

Kemudian pada tahun ini, namanya diubah kembali oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, menjadi SDN Sulung. Alasan pengubahan nama tersebut adalah untuk mengembalikan sejarah karena SDN Sulung dahulu merupakan sekolah dasar tempat ayah Bung Karno, Raden Soekemi Sosrodiharjo mengajar. Selain itu, nama Sulung juga sesuai dengan nama jalan tempat SDN Sulung berada.

SDN Sulung masih beroperasi hingga saat ini. Di sekolah dasar yang bersejarah ini masih disimpan dengan baik peninggalan-peninggalan dari masa lalu. Terdapat sebuah ruang kelas yang masih menggunakan bangku-bangku yang digunakan para murid di masa lalu. Selain itu terdapat juga beberapa peninggalan yang disimpan dan dipajang di dalam ruang kelas, seperti ijazah lama para murid, mesin ketik, piala-piala, dan sebagainya. Beberapa foto dan lukisan yang berhubungan dengan Bung Karno pun dipajang menghiasi dinding-dinding kelas.

Bangunan SDN Sulung juga masih dijaga keasliannya. Bangunannya merupakan bangunan sekolah yang khas dibangun pada masa silam. Tentu saja ada beberapa bagian bangunan yang ditambah dan direnovasi. Meskipun begitu, perubahan tersebut tidak mengubah wajah sebenarnya dari SDN Sulung. Suasana SD yang begitu nyaman dengan arsitektur bangunan yang sedemikian rupa mampu membuat siapapun yang berada di dalamnya akan merasa damai. Selain itu, ingatan masa silam yang ada di sekolah ini juga mengingatkan agar kita tidak mudah melupakan sejarah pada suatu tempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline