Lihat ke Halaman Asli

Keterkaitan Matematika dengan Tuhan

Diperbarui: 12 Mei 2023   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Matematika adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang memiliki hubungan erat dengan agama, termasuk agama Islam. Dalam perspektif agama, khususnya Islam, matematika memiliki keterkaitan yang erat dengan Tuhan (Asmani 2018).

Salah satu konsep matematika yang paling terkait dengan Tuhan adalah konsep bilangan. Dalam matematika, bilangan dianggap sebagai entitas yang mewakili keberadaan suatu objek atau fenomena. Dalam pandangan Islam, bilangan juga dapat dipahami sebagai manifestasi dari keesaan Tuhan. Bilangan 1, misalnya, melambangkan Tuhan yang satu dan tunggal, sementara bilangan 0 melambangkan keberadaan Tuhan yang tanpa awal dan tanpa akhir (Sari,I. P dan Surya 2019).

Selain itu, dalam matematika terdapat pula konsep-konsep seperti keindahan, keharmonisan, dan kesempurnaan. Konsep-konsep tersebut dapat dihubungkan dengan konsep-konsep yang ada dalam agama Islam, seperti keindahan dan harmoni dalam penciptaan Tuhan dan kesempurnaan dalam ajaran-Nya. Dalam konteks ini, matematika bisa membantu manusia untuk memahami dengan lebih mendalam kebesaran Tuhan (A. Rahman 1999).

Dalam Al-qur'an banyak ayat yang membahas tentang angka, bilangan, dan perhitungan seperti ayat yang berbunyi :

"Dan pada bumi ada tanda-tanda bagi orang yang meyakini dan juga pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak melihat?" (QS. Adz-Dzariyat : 20-21).

konsep tauhid atau keesaan Tuhan juga terkait erat dengan konsep matematika. Konsep bilangan yang mewakili keesaan Tuhan adalah salah satu contohnya. Semua bilangan yang ada dalam matematika berasal dari satu bilangan yang mewakili keesaan Tuhan. Konsep ini juga menunjukkan bahwa Tuhan adalah satu-satunya pencipta dan pemilik alam semesta, dan semua yang ada di dalamnya (Asmani 2018).

matematika dan Tuhan memiliki hubungan erat. Matematika dianggap sebagai suatu bentuk pengetahuan yang diberikan oleh Tuhan untuk manusia agar dapat memahami hukum alam yang diciptakan oleh-Nya. Konsep tauhid atau keesaan Tuhan juga terkait erat dengan konsep matematika. Oleh karena itu, dalam perspektif Islam, matematika dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang mulia dan bermanfaat, serta menjadi sarana untuk memperkuat iman dan mengagungkan kebesaran Tuhan.

Referensi :

  • Abduh, M., & Abdullah, A. (2018). Islamic Values in matemathics education jaurnal of Education and Learning, 7(2), 177-186
  • Asmani, J. M, (2018). Matematika dan Agama
  • Rahman, A. (1999). Matematika dalam prespektif Islam. Jakarta:Gema Press
  • Sari, I. P., & Surya, E. (2019). The implementation of Islamic mathematics learning in improving the students' understanding. Journal of Physics: Conference



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline