Lihat ke Halaman Asli

Permainan Roleplayer di Twitter

Diperbarui: 11 Juni 2022   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dari dahulu media sosial Twitter adalah media yang sangat ramai dipergunakan dan sangat diminati oleh masyarakat zaman sekarang. Karena dari Twitter kita bisa mendapatkan segala informasi yang luas bahkan bisa juga berinteraksi bersama teman.

Di Twitter kita bisa melakukan apa saja yang kita mau. Kita bisa saling berbagi dengan teman, menerima dan memberi informasi, bahkan berbisnispun bisa. Di Twitter kita juga bisa belajar bersama karena disana banyak sekali pelajar dan yang sedang ramai sekarang adalah belajar bareng UTBK.

Di Twitter kita juga bisa membuat komunitas kecil, salah satu yang akan di bahas disini adalah Rolepayer. Role artinya adalah peran. Sedangkan play artinya main. Dapat disimpulkan bahwa Roleplayer adalah seseorang yang bermain peran. Dikarenakan artinya yang bermain peran, tentu saja kita tidak menggunakan identitas sendiri yang berarti kita menggunakan karakter orang lain. Karakter yang paling ramai digunakan di Twitter adalah idol Korea.

Apa saja yang dilakukan Roleplayer di Twitter? Biasanya mereka melakukan update karakter mereka. Update karakter biasanya bersifat bebas, kita bisa retweet tweet akun resmi idol tersebut atau kita tweet ulang menggunakan bahasa kita sendiri. Dan dengan bermain roleplayer sebenarnya kita bisa meningkatkan skill bahasa dan komunikasi kita.

Karena menggunakan media Twitter untuk bermain Roleplayer kita bisa berkomunikasi dengan menggunakan fitur mention dan direct message sehingga bisa berkomunikasi secara lain dengan para karakter lainnya. Di roleplayer ini kita bisa menemukan relasi baru untuk berteman. Walaupun tidak mengetahui siapa peran dibalik karakter tersebut, biasanya mereka menjalin hubungan yang kuat dan solid.

Salah satu contoh relasi yang dibangun di dunia roleplayer adalah fambest atau family bestie. Disini setiap peran bebas ingin menjadi adek atau kakak. Walaupun idol aslinya tidak saling kenal tetapi mereka tetap bisa menjalin hubungan di roleplayer. 

Selain mencari relasi, kita juga bisa bergabung dengan open agency. Open agency adalah sebuah komunitas yang berisi karakter tertentu. Dan open agency atau yang bisa disingkat dengan OA dikelola oleh seseorang admin atau beberapa admin yang pernah atau sedang bermain roleplayer juga.

Tetapi jika kalian ingin bebas dan tidak terikat pada suatu OA kalian bisa mampir ke akun twitter automatic base khusus roleplayer yang berisi mention confess atau bisa disingkat dengan menfess. Automatic base adalah pesan yang dikirim ke akun base melalui fitur direct message lalu menfess tersebut akan terkirim secara anonym dan disini para pengirim bebas ingin muncul apa tidak sebagai pengirim asli.

Jiwa bersosialisasi seseorang yang bermain roleplayer biasanya sangat tinggi dan memiliki banyak topik dan banyak pengetahuan umum karena mereka pada umumnya sering sekali berbicara bersama stranger di Twitter. Tetapi ada juga seseorang yang bermain roleplayer dan memiliki banyak relasi di Twitter tetapi di kehidupan aslinya ia tidak mempunyai banyak teman. Karena tujuan mempunyai akun roleplayer adalah untuk bersenang-senang.

Namira Dewi Talita, mahasiswa Program Studi Komunikasi UNAS




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline