Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Tindakan Diskriminasi Seksisme Terdapat Negara

Diperbarui: 28 Maret 2024   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Diskriminasi adalah tindakan atau perbuatan memperlakukan  seseorang atau kelompok secara berbeda dan tidak adil atas dasar karakteristik dari seseorang atau kelompok tindakan di atas sangat merugikan.

Tindakan diskriminasi sudah banyak terjadi di lingkungan masyarakat, bahkan sudah ada sejak zaman dahulu. Tindakan diskriminasi memiliki pengaruh yang sangat besar, ada banyak sekali tindakan diskriminasi salah satu nya adalah seksisme.

Seksisme adalah diskriminasi yang didasarkan pada gender, seksisme seringkali muncul karena peran dan stereotip gender atau pemikiran yang percaya laki-laki itu lebih superior dibandingkan perempuan. Seksisme juga bisa terjadi pada laki- laki,namun seringkali perempuan adalah korban seksisme  di kehidupan masyarakat.

Yang kita ketahui diskriminasi sudah ada sejak zaman dahulu sudah banyak sekali ditemukan di lingkungan masyarakat dan sampai saat ini  masih sering ditemukan diskriminasi  yang membuat banyak kesenjangan atau bahkan ancaman di suatu negara.

Seksisme banyak ditemukan di hubungan rumah tangga bahkan di dunia pekerjaan sekalipun, sering ditemukan di kantor - kantor seorang wanita yang mengerjakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jobdeks nya namun memiliki gaji yang kecil dibandingkan kelompok pria. Adapun pada rumah tangga  seperti seorang  suami yang merasa lebih superior dibandingkan istrinya yang hanya bekerja dirumah.

Seksisme sangat lah tidak efisien karena  hanya akan menjadi pemborosan sumber daya manusia, seperti contohnya perempuan mungkin tidak dilibatkan dalam pera peran  yang dianggap  membutuhkan keterampilan atau tenaga besar yang secara stereotip bersifat 'feminin'. Yang akan menyebabkan penurunan tenaga kerja dan meninggi nya angka pengangguran .

Karena ini lah yang menyebabkan banyak kesenjangan gender yang membuat banyak negara tidak maju karena memiliki SDM yang rendah yang akhirnya akan berdampak pada per perekonomian negara bahkan bisa menurunkan angka kelahiran suatu negara. 

Cara yang paling efektif dalam mengubah  perspektif masyarakat mengenai  diskriminasi  gender adalah dengan kesadaran pada setiap individu baik secara kultural maupun struktural. Serta peran pemerintah dengan di adakan nya sosialisasi memberikan edukasi yang tepat tentang masalah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline