Lihat ke Halaman Asli

Nala Rohmat

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UPI BDG Melaksanakan Sosialisasi Mengenai Digitalisasi di Desa Cibeureum Kulon

Diperbarui: 31 Agustus 2023   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa KKN UPI BANDUNG Melaksanakan Sosialisasi Mengenai Digitalisasi Kepada Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Komunitas Informasi Masyarakat di Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang menjadi fokus perhatian kelompok mahasiswa KKN UPI dalam menyosialisasikan pentingnya pengembangan digitalisasi mengenai desain pembuatan pamphlet, twibon, baner, dan tampilan instagram supaya terlihat lebih menarik yang dilaksanakan dengan ketua dari masing-masing KIM pada Hari Selasa (22/08). Kelompok KKN Cibeureum Kulon UPI 2023 turun tangan dalam upaya memberikan pengetahuan mengenai Digitalisasi serta melatih keterampilan mengedit dan memposting.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) kelompok yang telah dipilih oleh kita. Berdasarkan penelitian KKN di Desa Cibeureum Kulon Kabupaten Sumedang masih sangat memerlukan tenaga bantuan dalam menyalurkan informasi mengenai digitalisasi khususnya informasi yang akan diberikan terhadap masyarakat di Desa Cibeureum Kulon Kabupaten Sumedang.

Di Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, ada Komunitas Informasi Masyarakat yang memiliki tugas untuk menyebarluaskan informasi yang ada di Desa Cibeureum Kulon. Penyebaran informasi tersebut di sebar luaskan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twiiter. Di Desa Cibeureum Kulon terdapat 8 RW yang tiap RW nya memiliki Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) masing-masing. Sehingga untuk informasi menjadi lebih cepat tersampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, narasumber dalam sosialisi kali ini yang bernama Nala Rohmat dan Zaki Abdul Aziz juga menjelaskan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membekali para ketua KIM memberikan pengetahuan mengenai Digitalisasi serta melatih keterampilan mengedit dan memposting.

Tujuan kami dalam sosialisasi kali ini agar para Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, bisa membuat desain-desain untuk keperluan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang berbentuk pamphlet. Kami memberikan tata cara membuat desain pamphlet.

Antusiasme peserta sosialisasi dalam sesi tanya jawab cukup besar dilihat dari aktifnya pertanyaan-pertanyaan dalam menanggapi materi yang disampaikan. Dikarenakan sebelumnya hanya menggunakan tamplate postingan yang sudah ada di Canva, jadi para ketua KIM tidak semuanya mengerti tentang cara membuat pamphlet ataupun mengedit desain untuk postinngan, jadi kami disini berusaha sebisa mungkin menyampaikan ilmu yang kami bisa terhadap Komunitas Informasi Masyarakat (KIM)

Para peserta sosialisasi sangat bersyukur diadakannya sosialisasi digitalisasi yang dilakukan oleh kelompok KKN Cibeureum Kulon UPI 2023. "Saya berterima kasih sekali akan kedatangan adik-adik mahasiswa UPI yang sudah mau membagikan ilmunya kepada Komunitas Informasi Masyarakat Desa Cibeureum Kulon," ucap Ida Farida, Ketua KIM 6 Desa Cibeureum Kulon (22/08).

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline