Lihat ke Halaman Asli

Nala Widya Aprelia

Mahasiswa UIN Maliki Malang

Indonesia, dengan Bermacam Kekayaan di dalamnya dan Julukan Menurut Mata Dunia

Diperbarui: 10 November 2022   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Identitas nasional adalah kepribadian nasional atau jati diri nasional yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan bangsa satu dengan bangsa yang lainnya. Di Indonesia sendiri dianugerahi keanekaragaman hayati dari ujung timur sampai ujung barat. Letak wilayah Indonesia yang strategis juga berdampak pada kekayaan alamnya. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan budaya serta peninggalan sejarah. Keindahan alam dan potensinya membuat Indonesia semakin terkenal di mata dunia. Tak heran ada banyak julukan Indonesia di mata dunia. Menurut KBBI, julukan ialah nama yang diberikan sehubungan dengan keistimewaannya. Bisa diartikan juga sebagai gelar kehormatan.  Lalu apa saja julukan negara Indonesia di mata dunia?

Negara Maritim, sudah tidak asing lagi bagi kita warga Indonesia mendengar julukan tersebut. Diberikannya julukan ini karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luasnya melebihi wilayah daratan. Julukan ini merujuk pada negara yang dikelilingi laut atau perairan yang luas, menjadikan sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Negara Kepulauan, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara dan juga di dunia. Saat ini jumlah pulau Indonesia yang sudah dilaporkan ke PBB melalui sidang United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN) sejumlah 16.671 pulau pada tahun 2019. Disamping itu telah ada penambahan jumlah pulau yang tertera pada Gasetir Nasional pada tahun 2020 sejumlah 16.771 Pulau.

Zamrud Khatulistiwa, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis khatulistiwa adalah garis khayal keliling bumi, terletak melintang pada nol derajat yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama, yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Berdasarkan garis astronomisnya membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Oleh karena itu, Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu hujan dan kemarau. Dengan itu, dibuatlah Tugu khatulistiwa yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat.

Paru-Paru Dunia, julukan ini menjadi kebanggaan karena Indonesia termasuk salah satu negara dengan hutan terluas di dunia, didukung dengan posisinya yang berada di garis khatulistiwa membuat hutan-hutan tumbuh subur. Hal ini otomatis menjadikan Indonesia sebagai penyumbang oksigen terbesar di dunia.

Negeri Seribu Candi. Selain terkenal akan alamnya, Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya salah satunya adalah candi yang merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu. Dimana sampai kini, tidak hanya menjadi tempat wisata namun juga digunakan sebagai tempat ibadah. Contohnya Candi Borobudur sebagai tempat ibadah orang Budhha dan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Selain dari paparan diatas, Indonesia juga termasuk negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia dan tersebar di seluruh pulau nusantara. Gunung Merapi tetap menjadi nomor 1 gunung berapi paling aktif di Indonesia. Disusul dengan Gunung Kelud, Gunung Sinabung, Gunung Bromo, Gunung Anak Krakatau, dan Gunung Soputan.

Selain itu, Indonesia juga memiliki seven summith sendiri lho, yakni gunung-gunung tertinggi di antara beberapa pulau yang ada di Indonesia. Seperti namanya, seven summith, ada 7 gunung yang menjadi primadona disini. Mereka adalah Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) Gunung Jaya Wijaya, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Latimojong, Gunung Binaiya, dan Gunung Bukit Raya.

Sebelum ke pembahasan selanjutnya, tahukah Anda berapa banyak gunung yang ada di Indonesia? Kementerian ESMD mencatat, Indonesia memiliki jumlah gunung api aktif sebanyak 127 dengan pengawasan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang terus melakukan monitoring atau pengawasan 24 jam terhadap gunung api aktif di Indonesia.

Akan tetapi, apakah kalian tahu gunung-gunung tersebut sebelumnya? Kecuali yang bertempat tinggal dimana gunung tersebut berada, mungkin banyak orang yang kurang tahu. Bahkan, ada beberapa gunung yang sulit untuk diakses informasinya. Sehingga jarang ada pendaki yang mengunjungi. Contohnya Gunung Halau Halau, Gunung Rore Kautimbu, Gunung Masurai, Gunung Tambusisi dan Gunung Mekongga.

Jujur! Kalian juga asing kan mendengar nama gunung diatas?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline