Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Tari Saman di Indonesia

Diperbarui: 1 Februari 2023   07:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setiap masyarakat atau suku daerah tentunya mempunyai budaya yang menonjol dan masih dipercaya dan juga di pertahankan oleh masyarakat yang bersangkutan. 

Mungkin saja budaya dari masyarakat tersebut banyak digemari oleh masyarakat lain, sehingga bisa dikenal secara nasional. Salah satu kebudayaan yang sudah banyak dikenal secara nasional yaitu Tari Saman, Aceh.

Tari Saman merupakan tarian tradisional masyarakat Gayo Lues yang sudah turun-temurun dan membudaya di masyarakat Gayo. Dikatakan membudaya di Gayo Lues karena sejak  zaman dahulu hingga saat ini Tari Saman masih banyak digemari dan juga terus bertumbuh subur. Buktinya, setiap kampung dan juga belahan-belahan daerah di Gayo Lues dipastikan ada Tari Saman. Hal  ini sudah dibuktikan oleh tim dari Unesco sewaktu meneliti Saman di Gayo Lues.

Mengutip dari dokumen Unesco, Tari Saman merupakan kesenian yang "Urgent Safeguarding" sehingga memerlukan pemikiran yang jernih dan juga cara yang arif dalam pelestariannya.

Kesenian Saman ini awalnya hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk hiburan semata dengan mengandalkan tepuk tangan dan juga pukulan ke paha dengan sebuah alunan lagu yang langsung dinyanyikan oleh penari. Tentunya kegiatan seperti ini dijadikan sebagai hiburan oleh anak muda untuk menghilangkan rasa lelahnya.

Kemudian Tari Saman berubah menjadi media atau sarana untuk mengembangkan agama Islam. Hal ini bisa kita rasakan langsung dalam syair-syairnya yang berkaitan dengan agama, seperti pada langkah-langkah awal yang selalu dimulai dengan salam. 

Syair lain yang diberikan oleh para pemain saman yaitu "Kn ama ine kite turah hurmet kati endepet sapaat ari Tuhent"  yang artinya kepada bapak dan ibu kita harus hormat agar mendapat syafaat dari Tuhan kita. 

Syair ini mengandung nilai agama yang memiliki makna ketaatan atau kepatuhan anak kepada orang tuanya. Orang tua harus dikasihi, dihormati, dan juga harus dijaga jika mereka sudah tua. Hal ini sangat sesuai dengan ajaran agama Islam. Jika sebuah rasa hormat kepada orang tua sudah tidak ada, ganjaran dosa tidak terelakkan lagi. 

Dengan cara inilah pemain saman memberi nasihat kepada masyarakat betapa pentingnya menghormati orang tua. Dalam syair ini juga disebutkan bahwa orang yang menghormati orang tua akan mendapatkan syafaat dari Allah.

Selain itu, ada pula syair yang bertujuan untuk mengingatkan kita akan peraturan atau adat-istiadat yang berlaku dalam masyarakat supaya tidak memiliki sifat sombong terhadap orang lain.  Karena orang yang mempunyai sifat sombong akan membuat dirinya menderita. Dalam syair dikisahkan bahwa seseorang yang hanyut di sungai tidak akan diangkat oleh orang lain hanya karena orang yang hanyut ini pernah tidak menegur seseorang. 

Jadi, orang akan celaka hanya karena hal kecil yaitu tidak menegur orang. Jika kejadian ini ada dalam kehidupan nyata, betapa ruginya orang yang tidak mau bergaul dengan semua orang. Maka dari itu, kita sebagai manusia dalam bergaul tidak boleh sombong dan tidak harus membatasi pergaulan dengan orang tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline