Pendidikan memang merupakan salah satu jembatan bagi setiap orang untuk mencapai cita cita. Sekolah menjadi salah satu perantara atau fasilitas pendidikan yang ada saat ini. Sekolah juga memuat berbagai pelajaran yang ada yang bisa di pelajari oleh siswa. Setiap sekolah juga pasti mempunyai ekstrakurikuler atau yang sering disebut dengan ekskul. Ekstrakurikuler sendiri merupakan suatu kegiatan diluar jam pelajaran di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan minat, potensi, bakat, dan ketereampilan siswa. Kegiatan eskul biasanya dilakukan setelah jam pelajaran usai. Salah satu ekskul yang diminati para siswa adalah ekskul musik. Oleh karena itu, sekolah SMAN 1 Cikarang Utara mengadakan ekskul musik untuk mengembangkan bakat dan minat siswa/i.
Beberapa penelitian menunjukan bahwa musik memiliki dampak positif untuk perkembangan otak seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The National Association for Music Education, partisipasi dalam kegiatan musik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas seseorang. Selain itu, penelitian dari University of Toronto juga mengatakan bahwa kegiatan musik secara langsung dapat meningkatkan empati siswa. Berbagai bidang studi juga menunjukan bahwa musik meningkatkatkan kemampuan bekerjasama dalam tim, membina hubungan sosial, mengembangkan kecerdasan emosional, membangun kedisiplinan diri, memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi.
Music Community Sakura atau sering disebut MCS adalah salah satu ekskul musik yang ada di SMAN 1 Cikarang Utara. Ekskul ini berdiri pada tanggal 7 Maret 2015 yang di bina oleh Pak Farid Pamungkas S.Sn. Ekskul ini menjadi salah satu sarana agar para siswa/I mengembangkan minat, potensi serta bakat di dalam kegiatan musik. Kegiatan ekskul MCS juga melibatkan seluruh anggotanya untuk terlibat dalam setiap kegiatan ekskul. Ekskul tersebut tak hanya belajar memainkan alat musik, tetapi juga terdapat beberapa divisi dari mulai divisi umum, divisi band, dokumentasi serta sarana dan prasarana. Divisi tersebut diadakan karena anggota ekskul MCS tidak hanya berfokus pada musik saja, tetapi juga memperhatikan hal lain seperti divisi dokumentasi untuk di share diberbagai platfom media sosial, divisi band untuk mengisi acara acara hiburan/kegiatan di sekolah, serta divisi sarana dan prasarana untuk mengatur control sound mixer di belakang panggung/stage saat band tampil dan mengantisipasi jika alat musik memiliki kendala seperti senar gitar yang putus, kabel jack yang kurang layak, dan berbagai hal lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi lain dari siswa/i selain bermain musik karena ada beberapa orang yang lebih berpotensi dengan kondisi alat, ada yang lebih berpotensi tentang frekuensi, dan ada yang lebih berpotensi di dalam bidang dokumentasi. Manfaat yang terdapat dalam ekskul musik diantara nya
- Mengajarkan Kepemimpinan dan Tanggung Jawab
Dalam banyak kegiatan musik, siswa sering kali diberikan kesempatan untuk memimpin kelompok atau memainkan peran penting dalam pertunjukan. Hal ini mengajarkan mereka tentang kepemimpinan dan tanggung jawab. Mereka belajar bagaimana memotivasi anggota kelompok dan memastikan bahwa setiap orang dapat berkontribusi secara maksimal. - Mengasah Kemampuan Komunikasi
Eskul musik bukan hanya tentang memainkan alat musik, tetapi juga tentang komunikasi. Melalui musik, siswa belajar untuk mengkomunikasikan perasaan dan pesan mereka tanpa kata-kata dan mengepresikan nya lewat musik. Ini membantu mereka untuk lebih percaya diri dalam berkomunikasi di berbagai situasi - Meningkatkan Disiplin Diri dan Ketekunan
Salah satu aspek penting dalam eskul musik adalah latihan yang konsisten. Bermain musik membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Siswa/i di ajar untuk terus berlatih meskipun menghadapi kesulitan dan kegagalan awal. Disiplin dalam berlatih dan ketekunan dalam memperbaiki keterampilan menjadi bagian penting - Mengembangkan Rasa Solidaritas dan Persatuan
Musik sering kali dilakukan dalam kelompok, seperti band yang menuntut kerjasama yang erat antara anggotanya. Melalui kolaborasi ini, siswa/i belajar untuk menghargai peran setiap individu dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini membantu membangun rasa solidaritas dan persatuan yang sangat penting dalam kehidupan sosial
Peningkatan Kreativitas
Eskul musik memberikan kesempatan bagi siswa untuk berimajinasi dan berkreasi. Belajar memainkan alat musik, menyanyi, atau bahkan berkomposisi dapat memicu pengembangan kreativitas
Keterampilan Sosial dan Kerja Sama
Dalam eskul musik, terutama dalam bentuk band, siswa/i diajak untuk bekerja sama dengan anggota band nya Kegiatan musik sering kali melibatkan kolaborasi, seperti berlatih bersama, mengatur tempo, dan menyesuaikan harmonisasi antar pemain. Hal ini mengajarkan tentang pentingnya kerja sama, toleransi, dan saling mendukung.
Disiplin dan Fokus
Bermain musik membutuhkan latihan yang rutin dan fokus. Dengan mengikuti eskul musik, siswa/i belajar untuk mengatur waktu, berlatih secara teratur, dan mempersiapkan diri untuk tampil.
Menjaga Kesehatan Mental
Kegiatan musik juga dapat berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan perasaan. Bermain musik atau bernyanyi bisa menjadi cara untuk menuangkan perasaan, mengurangi stres dan tekanan, memberi rasa puas setelah berlatih dan tampil
Eskul musik memiliki banyak manfaat yang tidak hanya terbatas pada pengembangan kemampuan musikal, tetapi juga berperan penting dalam pembentukan karakter. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan musik, siswa/i dapat belajar menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, mengasah keterampilan komunikasi, membangun disiplin diri, mempererat solidaritas dan persatuan, mengembangkan kreativitas, keterampilan sosial, disiplin, dan bahkan kesehatan mental. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk memberikan fasilitas dan dukungan bagi kegiatan ekstrakurikuler musik. Dengan demikian, musik tidak hanya menjadi pelengkap kegiatan akademis, tetapi juga bagian penting dari pembentukan karakter
Daftar Pustaka
- University of Toronto. (2018). The Impact of Music on Emotional Intelligence and Empathy.
- Johnson, A. (2020). Character Development Through Music Education. Journal of Educational Psychology, 45(3), 213-225.
- National Association for Music Education. (2017). The Benefits of Music Education.
- Smith, J. (2019). The Impact of Extracurricular Music on Student Development. Journal of Music Education, 34(2), 105-118
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI