APA ITU PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK?
Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya merupakan pasar yang berada di tengah-tengah antara dua jenis pasar yang ekstrem yaitu, pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.
Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang di dalam strukturnya terdapat cukup banyak perusahaan yang menjual produk-produk yang jenisnya sama namun memiliki perbedaan dalam berbagai hal, seperti penampakan fisik, brand, kualitas dsb.
Sehingga pada pasar monopolistik harga bukanlah menjadi faktor penentu angka penjualan, melainkan tergantung dari penilaian atau selera konsumen terhadap produk yang dijual.
Oleh karena itu perusahaan atau produsen harus terus menjaga kualitas dan citra produk dan perusahaan juga harus aktif dalam melakukan promosi untuk produk yang dijual.
CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
> Terdapat banyak produsen
Ada banyak penjual di pasar, tetapi tidak sebanyak di pasar persaingan sempurna. Produksi perusahaan relatif kecil dibandingkan produksi pasar secara keseluruhan.Tak satu pun dari penjual ini mendominasi pasar yang lain.
> Barang memiliki corak yang berbeda
Ciri ini merupakan bagian penting dalam pasar persaingan monopolistik. Perbedaan corak ini berarti bahwa barang dalam persaingan monopolistik bukanlah substitusi sempurna melainkan substitusi dekat. Perbedaan corak (diferensiasi) produk ini meliputi ciri fisik, pengemasan (packaging), layanan purna jual dan cara pembayaran.
> Perusahaan sedikit memengaruhi harga pasar