Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Korean Wave Sangat Memengaruhi Berpakaian di Indonesia

Diperbarui: 22 Juli 2024   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia sudah terpengaruh oleh gaya Korea karena adanya Korean Wave yang sudah menyebar secara global khususnya dalam gaya busana. Korean Wave lebih mudah diterima di Indonesia karena dianggap lebih sesuai norma dan sopan santun yang berkembang dimasyarakat dibandingkan dengan Westernisasi. Persebaran budaya saat ini bisa dengan mudah masuk karena adanya teknologi informasi yang semakin canggih, ita dapat mengetahui tren -- tren baru dari berbagai Negara yang bisa ditiru. Korean Wave adalah fenomena penyebaran budaya Korea Selatan keseluruh dunia, penyebaran tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan adanya drama -- drama Koreadan lagu K-pop yang saat ini sangat digemari di dunia, hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa gaya Korea sangat disukai oleh anak -- anak muda. Ciri -- ciri utama fashion Korea adalah sebagai berikut : gaun mini dan celana pendek, kombinasikan warna -- warna cerah dan sederhana, kombinasikan blazer dengan t-shirt, tata rias anak -- anak perempuan dengan cara yang sederhana namun elegan.

Fenomena Korean Wave ini tersebar luas di Indonesia dan dampaknya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari -- hari khususnya di kalangan milenial. Pesatnya perkembangan teknologi informasi akibat globalisasi menjadi alasan utama antusiasme masyarakat terhadap Korean Wave di Indonesia. Korean Wave sendiri sudah dimulai dan sangat identik dengan dunia hiburan, karena musik, drama, dan variety show berpadu dengan baik untuk mewakili budaya Korea. Seiring waktu, gaya ini digunakan tidak hanya oleh penggemar K-Pop saja tetapi juga oleh masyarakat luas. Gaya berpakaian yang casual, simple ala idol menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda karena mudah ditirukan dan tidak sulit untuk dicari. Cara memadukan aksesoris dengan desain masing - masing menjadi daya tarik tersendiri bagi fashion ini, aksesoris tersebut biasanya berupa manik-manik, kancing, ikat pinggang atau bahkan aksesoris kain yang dibuat sesuai dengan desain baju, semuanya terbukti mempermanis tampilan setiap orang yang memakai busana ini.

Gaya berpakaian yang casual, simple ala idol menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda karena mudah ditirukan dan tidak sulit untuk dicari. Cara memadukan aksesoris dengan desain masing-masing menjadi daya tarik tersendiri bagi fashion ini. Hal ini bisa dilihat dari Fashion yang digunakan oleh komunitas dance cover yang menggunakan Korean style dalam kostum yang dipakainya. Penggunaan kostum ini dinilai dapat menambah keunikan, keindahan serta membantu menambah kepercayaan diri. Meskipun pada dasarnya kebanyakan pakaian style korea menggunakan style yang terbuka, tetapi bagi mereka yang berhijab style korea juga dapat dipadukan sengan penggunaan hijab. Dengan menggunakan seperti manset dan legging sehingga dapat menutup aurat serta memadukan aksesoris dengan desain masing-masing menjadi daya tarik tersendiri bagi fashion ini, aksesoris tersebut biasanya berupa manik-manik, kancing, ikat pinggang atau bahkan aksesoris kain yang dibuat sesuai dengan desain baju, semuanya terbukti mempermanis tampilan setiap orang yang memakai busana ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline