Lihat ke Halaman Asli

Najwan Syauqi

Najwan Syauqi

Resolusi 2021 untuk Mahasiswa

Diperbarui: 6 April 2021   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi kehidupan perkuliahan. (sumber: pexels)

Tahun 2020 sebentar lagi akan habis nih guys! Biasanya sebelum pergantian tahun orang-orang akan membuat resolusi untuk tahun berikutnya. Nah, Sebelum tahun 2020 ini berakhir ada baiknya kita para mahasiswa memiliki resolusi atau target yang jelas untuk tahun 2021 nanti untuk menjadi mahasiswa atau individu yang lebih baik dari tahun ini. Dalam postingan kali ini, saya ingin berbagi resolusi 2021 yang tepat untuk dilakukan mahasiswa.

Perbanyak Baca Buku dan Jurnal Ilmiah

Penting bagi kita mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai apa yang terjadi di sekeliling kita. Pengetahuan dan wawasan itu bisa kita dapatkan ketika kita membaca buku atau jurnal, loh!

Menambah wawasan dan pengetahuan tentunya penting untuk kita para mahasiswa untuk mengasah kemampuan analisis dan berpikir kritis. Manfaat lainnya dari membaca buku dan jurnal ilmiah yaitu bisa mempermudah para mahasiswa semester akhir dalam pembuatan skripsi. Sangat bermanfaat bukan?

Aktif Dalam Organisasi dan Kepanitiaan Kampus

Perlu kita ketahui poin yang kedua dalam resolusi ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita juga loh! Ketika kita aktif dalam organisasi dan kepanitiaan dalam lingkup kampus atau jurusan, secara tidak langsung kita telah menambah relasi atau link pertemanan yang dapat kita manfaatkan kedepannya.

Kita juga dapat berbagi pengalaman dengan relasi yang kita dapatkan dari organisasi dan kepanitiaan. Benefit lainnya dalam mengikuti organisasi dan kepanitiaan kampus adalah melatih soft skill kita dalam merencanakan sebuah kegiatan atau event. Skill yang kita dapatkan dapat sangat berguna ketika kita sudah berada di dunia industri loh teman-teman!

Kurang-kurangi Menjadi Deadliners

Nah, poin ketiga ini merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya. Kemampuan kita dalam mendapatkan ide atau mengerjakan tugas yang diberikan dosen memang berbeda-beda. Ada mahasiswa yang idenya mengalir deras ketika ia mengerjakan tugas dari jauh-jauh hari, tetapi tidak sedikit juga mahasiswa yang ide-idenya baru muncul ketika h-1 atau h-2 pengumpulan tugas.

Akan tetapi, perlu kita ketahui menjadi deadliners merupakan hal yang tidak sehat! Menjadi deadliners hanya akan menambah tingkat stress kita karena kita dikejar oleh waktu. Tentu saja hal itu tidak baik untuk kesehatan kita para mahasiswa. Jadi, 2020 no more procrastination ya!

Fokus Akademik

Sepertinya ini berlawanan dengan nomor sebelumnya. Tapi faktanya banyak juga orang ingin lebih fokus ke akademiknya. Tidak salah kok kalau kamu memang ingin memperbaiki nilai nilaimu. Memang itu tujuan kita sekolah dan kuliah kan? Mungkin kamu ingin fokus ke kuliah dan sekolahmu karena kamu terlalu sibuk dengan kegiatan organisasi dan nilaimu jadi berantakan.

Hemat 

Apalagi kalau kamu mahasiswa hidup jauh dari orangtua. Kamu harus pandai mengatur uang dari orangtua. Tentu tidak enak rasanya sebentar-bentar minta transfer uang karena sudah habis. Kamu yang masih sekolah juga perlu belajar hemat. Setidaknya untuk persiapanmu nanti kalau ingin kuliah jauh dari orangtua juga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline