Lihat ke Halaman Asli

Najwa Ainun

mahasiswa

Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM

Diperbarui: 23 Januari 2025   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Peluang UMKM di Era Digital

Media sosial menjadi alat pemasaran efektif untuk UMKM, memungkinkan bisnis menjangkau lebih banyak audiens dengan cara interaktif. Platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook tidak hanya mempermudah komunikasi dengan pelanggan, tetapi juga membangun citra merek. Meski potensial, banyak UMKM belum sepenuhnya mengoptimalkan penggunaannya.

Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada Chizzyid, UMKM di Bandung yang bergerak di bidang fashion dan aksesori. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara selama tiga minggu untuk memahami strategi pemasaran media sosial yang diterapkan.

Hasil Penelitian

Profil Chizzyid

Chizzyid, didirikan pada 2020 oleh Nelvi Trimasdelani, menawarkan produk handmade seperti vest dan aksesori berbahan manik-manik, dengan fokus pada kreativitas dan kualitas.

Strategi Media Sosial

Instagram menjadi platform utama Chizzyid. Strategi pemasaran mencakup konten visual menarik, seperti foto estetik dan video pendek tentang proses produksi.

Tantangan

Chizzyid menghadapi kesulitan menjaga konsistensi konten dan menghadapi perubahan algoritma media sosial yang memengaruhi jangkauan audiens.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline