Lihat ke Halaman Asli

Mashieta Najwa

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 23107030077

Beauty Privilege: Ketampanan dan Kecantikan Jadi Jalan Pintas

Diperbarui: 12 Juni 2024   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar cheriewhite.blog

 

Jadi orang cakep lebih enak, sebuah judul yang di posting pada akun youtube Gita Savitri Devi, didalam suatu masyarakat pasti ada ketidaksetaraan satu sama lain dan landasan dari faktor tersebut  fakta bisa dari faktor ekonomi, ras tertentu dan agama tertentu bahkan orientasi seksual tertentu. 

Isu tentang "Beauty Privilege" yang diangkat oleh Gita Savitri Devi sangat relevan dalam masyarakat kita saat ini. Beauty privilege, atau keuntungan yang didapatkan oleh mereka yang dianggap memiliki wajah rupawan, merupakan bagian dari ketidaksetaraan sosial yang kompleks. Fenomena ini tidak hanya mencerminkan preferensi estetika, tetapi juga menggarisbawahi ketidakadilan sistemik yang mendalam, yang sering kali diperkuat oleh media dan industri besar. 

Saat ini ada sebuah fenomena yang mana Beauty Privilege yaitu Orang yang mempunyai wajah rupawan lebih mudah untuk mendapatkan sesuatu, 

seperti contoh pada saat ini orang yang mempunyai wajah rupawan akan mudah terkenal dimana-mana ditambah lagi penggunaan sosial media berupa Tiktok juga menjadi salah satu media yang menyebarluaskan ketampanan atau kecantikan seseorang yang bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Ketimpangan Sosial ini cenderung bisa dirasakan oleh orang-orang yang tidak mempunyai suatu privilege tertentu sehingga dia lebih menyuarakan ketidaksetaraan ini, hal tersebut bisa terjadi karena orang yang mempunya sebuah privilege terus melestarikannya seperti meremehkan orang berada dibawah dia. 

sumber gambar akun pinterest zazaa00 

Apa hubungan dari privilege dan daya tarik seseorang?

Padahal kecantikan itu adalah sebuah pengamatan yang subjektif, ternyata ada sebuah studi yang membuktikan ada sebuah karakteristik yang mana semua orang setuju itu cantik. 

Mengapa manusia lebih menyukai orang yang rupawan?

karena orang yang memiliki wajah rupawan mempunyai badan yang lebih kuat dan sehat, contohnya laki-laki dianggap sehat apabila mempunyai high level of testosterone, laki-laki dengan level testosteron yang tinggi memiliki fitur muka yang ganteng begitu pula bagi perempuan dianggap lebih subur apabila mempunyai level estrogen yang lebih banyak dibanding testosteron, seperti berdampak pada kulit yang mulus, tulang pipinya lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline