Lihat ke Halaman Asli

Najwa Hayati

Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Edukasi Pola Perilaku Hidup Sehat dengan Cara Menampilkan Video Animasi dan Permainan Ular Tangga 'Ayutingting' pada Murid SDN Jarau Desa Ida Manggala

Diperbarui: 31 Agustus 2024   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Foto Pribadi

Konten kompasiana ini dibuat di sekolah SDN Jarau Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kandangan, Dengan judul Edukasi Perilaku Hidup Sehat Dengan Cara Menampilakan Video Animasi dan Permainan Ular Tangga AYUTINGTING). Yang dibina DPL apt. Herda Ariyani, M.Farm. ( Universitas Muhammadiyah Banjarmasin) dengan Mahasiswa KKN-9 Tematik Stunting Najwa Hayati (Universitas Muhammadiyah Banjarmasin).

Pembuatan Konten ini bertujuan untuk mengajarkan Pola dan Perilaku Hidup Sehat kepada anak sekolah dasar atau anak-anak agar anak-anak bisa terhindar atau mencegah dari stunting dan menjadi anak yang cerdas dan sehat. Anak-anak juga diajarkan bagaimana menjaga makanan dan pola hidup yang sehat dimulai dari kebiasan-kebiasaan mereka sehari-hari. Pola dan perilaku hidup sehat yang diajarkan kepada anak-anak tersebut seperti,mencuci tangan sebelum makan,menjaga pola makan,sikat gigi yang benar dan juga menjaga makanan atau mengisi piring seperti karbohidrat,protein dan lain sebagainya.

Sumber : Foto Pribadi

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan 11 siswa/i yang berpartisipasi terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 orang siswi Perempuan. Kegiatan ini dibantu dengan Bapak Rusman (kepala sekolah SDN Jarau) dan teman-teman kelompok . Kegiatan edukasi pola dan perilaku hidup sehat ini diawali dengan permainan number boom dalam berbahasa inggris,kemudian dilanjutkan oleh materi tersebut.

Setelah materi selesai dilanjutkan oleh permainan Ular Tangga AYUTINGTING(Atasi Yuk stunTING,itu penTING). Di dalam permainan tersebut anak-anak dapat bermain sambil belajar dan memhami pola dan perilaku hidup sehat dan tidak lupa juga mereka mempraktekkan aktivitas/kegiatan di setiap permainan nya.

Sumber : Foto Pribadi 

Diakhiri dengan berduskusi santai serta sesekali bermain bersama anak anak SDN Jarau Saya juga membagikan hadiah agar suasana semakin hangat untuk berbincang Bersama anak anak SD tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline